Feature

Selamat Hari Museum Indonesia !

0
Museum di Yogyakarta
Kunjungan Ke Museum ( JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

STARJOGJA.COM. JOGJA. Selamat Hari Museum Indonesia ! Tak banyak yang tahu jika 12 Oktober adalah peringatan Hari Museum Indonesia. Penetapan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Indonesia melalui proses yang panjang. Dari beberapa alternatif tanggal, dipilihlah tanggal 12 Oktober ini karena pada tanggal tersebut diselenggarakan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama.

Kenapa peristiwa MMI pertama dianggap penting dan dijadikan sebagai hari museum? Berikut penjelasannya, dikutip dari berbagai sumber.

Setelah 17 tahun Indonesia merdeka, perhatian terhadap perkembangan permuseuman Indonesia mulai menggeliat. Salah satu bentuk perhatian itu adalah datangnya gagasan dari sejumlah tokoh, pendiri, dan pemerhati museum untuk menyelenggarakan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama.

Ayo Ke Museum Rumah Budaya Tembi 

Acara musyawarah itu diselenggarakan pada tanggal 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta. MMI pertama itu dihadiri sekitar 40 orang, dari unsur pimpinan dan tokoh museum, pemerhati, dan pecinta museum.

Ayo ke Museum !

Sosok Rita Indriana Perangkul Difabel dalam Mainan Anak

Previous article

Menikmati Palangkaraya dalam Ketupat Kandangan Hj. Idah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature