Kab SlemanNews

49 Kelompok Kesenian Semarakkan Festival Pelangi Budaya Bumi Merapi

0
minggu tenang Covid-19
Icon Sleman

STARJOGJA.COM, SLEMAN – 49 Kelompok Kesenian semarakkan Festival Pelangi Budaya Bumi Merapi Tahun 2018 di Lapangan Denggung, Minggu (14/10/18). Acara yang didesain untuk  mengangkat budaya dan pariwisata di wilayah Sleman, ini menampilkan beragam pertunjukan kesenian oleh sebanyak 49 kelompok .

Sejumlah pertunjukan tersebut dikemas dalam kegiatan pawai dimana setiap kelompoknya akan berarak berjalan menuju kawasan lapangan Denggung dan masinng-masing kelompok menampilkan pertunjukan dengan durasi yang ditentukan.

“Keberagaman dalam Kebersamaan” menjadi tema yang diusung dalam kegiatan Pelangi Budaya kali ini. Menurut Kepala Dinas Pariwsata (Dispar) Sleman, Sudarningsih tema yang diusung tersebut relevan untuk menggambarkan Kabupaten Sleman yaitu wilayah dengan kebudayaan yang beragam.

” Sleman punya keberagaman budaya yang muncul sebagai efek dari percampuran budaya asli dengan berbagai budaya lain yang dibawa para pelajar mahasiswa yang datang ” ungkapnya.

Sleman Sabet Penghargaan Gold bidang Pariwisata Dalam IAA 2018

Keberagaman budaya yang ada di Sleman setidaknya dipengaruhi oleh banyaknya mahasiswa atau pelajar yang menetap di jogja dengan latar belakang beragam dan dari berbagai daerah. Untuk itu, dalam kesempatan ini keberagaman tersebut diberikan wadah untuk memperkenalkan budayanya masing-masing.

“Dari 49 peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini (Pelangi Budaya Bumi Merapi) juga ada dari mahasiswa seperti Papua, Kalimantan Barat, Lampung dan lainnya. Mereka juga ingin unjuk kebolehan di Pelangi Budaya Bumi Merapi,” papar Sudarningsih.

Adapun kegiatan pawai dalam Pelangi Budaya ini, para peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut mengambil rute start dari lapangan Tridadi menuju Lapangan Denggung. Kemudian diperkenankan display (pertunjukan). Setelahnya berjalan melalui jalan Magelang hingga finish di Lapangan Pemda Sleman.

 

Ponpes Sunan Kalijaga : Dukung Kapolri Tegakkan Hukum dan Kamtibmas Pemilu

Previous article

2 Meninggal Saat Kuras Sumur Warga Besi Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman