Kab SlemanNews

Sleman Punya Buku Cerita Rakyat ‘Bumi Sembada’

0
launching buku cerita rakyat ‘Bumi Sembada’
launching buku cerita rakyat ‘Bumi Sembada’

STARJOGJA.COM. Sleman kini punya buku cerita rakyat ‘Bumi Sembada’. Buku ini dilaunching Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman ,pekan lalu.

Dr. Purwadi, M.Hum yang merupakan penulis buku tersebut menjelaskan bahwa penyusunan buku cerita rakyat ‘Bumi Sembada’ bersumber dari Kitab Jawa kuna, Babad Tanah Jawi, Babad Demak, Babad Pajang, Babad Mataram, Serat Centhini, Babad Kraton, Serat Pustakaraja Purwa dan Serat Paramayoga.

“Penyusunan juga dilakukan dengan pengkajian folklor yang telah diwariskan secara turun temurun,” jelas penulis yang juga salah satu dosen Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Yogyakarta ini.

Dinas Kebudayaan Sleman Revitalisasi Drama Tari Antup

Purwadi menuturkan, cerita rakyat mengandung butir-butir kearifan lokal yang berguna untuk pembinaan budi pekerti luhur di kalangan generasi muda. Dengan pengkajian yang mendalam, cerita rakyat itu dapat memperkokoh jati diri nasional dan hasilnya akan memberi kontribusi bagi pengembangan kebudayaan daerah.

Sementara itu Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Wasita menyampaikan bahwa buku yang dicetak sebanyak 350 buah dan berisikan enam cerita rakyat tersebut nantinya akan dibagikan pada komunitas-komunitas desa budaya, kecamatan, dan perpustakaan yang ada di Kabupaten Sleman.

“Saat ini masih terbatas jumlahnya, namun jika diminati akan kami usahakan cetak ulang,” jelas Wasita.

Menurutnya buku ini kedepan akan dibuat dalam format digital untuk memudahkan masyarakat mengaksesnya.

“Entah nanti berupa e-book atau PDF akan kami coba, tujuannya agar memudahkan masyarakat membaca buku ini sebagai media pembelajaran dan menambah wawasan budaya,” tambah Wasita.

2 Meninggal Saat Kuras Sumur Warga Besi Sleman

Previous article

Luar Biasanya Arena Asian Para Games 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman