Kota JogjaNews

Merti Bakpia Digelar Lagi dengan Lima Gunungan

0
Merti Bakpia

STARJOGJA.COM, Jogja – Bakpia telah menjadi makanan oleh-oleh khas Kota Jogja. Bahkan setiap tahunnya warga Jogja menggelar Merti Bakpia dengan mengeluarkan gunungan bakpia.

Panitia Merti Bakpia Aris Dewanto mengatakan tahun ini ada lima gunungan bakpia terdiri dari 10.000 buah bakpia akan dikirab keliling Kampung Pathuk dalam kegiatan Merti Bakpia, Sabtu (20/10).

“Pada kegiatan yang digelar untuk keenam kalinya ini, kami menyiapkan lima gunungan yang terdiri dari Gunungan Lanang, Gunungan Wadon dan tiga gunungan anak. Total bakpia yang digunakan untuk membuat gunungan sekitar 10.000 buah,” katanya kepada Antara di Yogyakarta, Kamis (18/10/2018).

Baca Juga : Warga Patuk Dilarang Keluar Rumah oleh Anggota TNI

Aris mengatakan seluruh bakpia dalam gunungan itu merupakan produk khas dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bakpia di Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan. Sekarang terdapat sekitar 170 produsen bakpia di kelurahan tersebut dan tiga koperasi yang menaunginya.

“Kami membeli bakpia yang diproduksi oleh pelaku usaha di wilayah sehingga bakpia yang diarak adalah benar-benar produk lokal,” katanya.

Aris mengatakan selain diarak dalam bentuk gunungan, panitia Merti Bakpia juga menyiapkan sekitar 3.000 hingga 5.000 buah bakpia yang bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat di sepanjang rute kirab gunungan.

Kirab gunungan akan diawali dari bekas pabrik Tegel Kunci yang berada di Jalan KS Tubun melalui Jalan Letjen Suprapto, simpang empat Parkir Ngabean, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Bhayangkara dan berakhir di Jalan KS Tubun.

“Tidak hanya gunungan bakpia yang akan dikirab, tetapi juga disertai dengan penampilan berbagai kesenian yang dibawakan oleh 13 rukun warga (RW) yang ada di Kelurahan Ngampilan,” katanya.

Oleh karena itu, Aris mengatakan pelaksanaan Merti Bakpia pada tahun ini akan berlangsung lebih meriah dibanding pelaksanaan sebelumnya.

Salah satu pelaku usaha bakpia di Kelurahan Ngampilan Suryani mengatakan sudah mulai melakuan persiapan pembuatan 2 gunungan bakpia untuk kegiatan Merti Bakpia akhir pekan ini.

Bayu

Investor Pasar Modal Syariah di DIY Terus Meningkat

Previous article

Pasangan Ganda Campuran Inggris Ini Bangga Dikalahkan Butet

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja