Kab SlemanNews

Pemberantasan Sarang Nyamuk Cara Aman Hindari DBD

0
Kasus DBD di Kulonprogo
Nyamuk DBD
STARJOGJA.COM, SLEMAN – Pemberantasan Sarang Nyamuk Cara Aman Hindari DBD.  Dinas Kesehatan (

Jumat lalu ( 19/10/2018),Kegiatan tersebut dilakukan di dua tempat, yaitu di Kecamatan Gamping dan Kecamatan Ngaglik. Hal ini merupakan upaya antisipasi dari ancaman penyakit Demam Berdarah (DBD), terlebih menjelang musim penghujan yang diperkirakan tidak lama lagi

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sleman, dr. Novita Krisnaeni MPh., mendorong masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya agar terbebas dari ancaman penyakit DBD.

“Untuk memberantas sarang nyamuk ini, tentu kita perlu partisipasi aktif dari masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut Novita menjelaskan bahwa cara paling aman dan murah untuk menghindari DBD adalah dengan cara PSN. Menurutnya masyarakat hanya perlu menjaga kebersihan tempat tinggal dan pekarangan rumahnya, serta memeriksa penampungan air secarqa rutin apakah terdapat jentik nyamuk atau tidak. Dia juga tidak membenarkan penggunaan fogging dalam memberantas nyamuk DBD secara terus menerus.

“Yang paling aman dan murah itu ya PSN. Kalo fogging itu hanya membunuh nyamuk dewasa saja, sedangkan jentiknya tidak ikut mati. Selain itu, fogging juga akan mematikan organisme lain, seperti serangga,”

Pada kegiatan di dua tempat tersebut menunjukkan hasil yang berbeda. Di Kecamatan Gamping, Tim Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) DBD memeriksa sebanyak 80 rumah. Dari jumlah tersebut Angka Bebas Jentik (ABJ)-nya mencapai 97,5%. Sedangkan ABJ di Kecamatan Ngaglik yakni 79% dari total 33 rumah yang diperiksa. PSN tersebut akan kembali dilakukan Jumat (26/10) depan di Kecamatan Kalasan dan Kecamatan Depok.

Dewan Ulama Senior Arab Bersikap Matinya Khashoggi

Previous article

Ronaldo Buat Sejarah 400 Gol

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman