Kab SlemanNews

Kemendikbud Serahkan Pengelolaan Delapan candi ke Pemkab Sleman

0
prambanan tutup
Ilustrasi Prambanan

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Kemendikbud Serahkan Pengelolaan Delapan candi ke Pemkab Sleman. Delapan candi di Wilayah Sleman  tersebut selama ini pengelolaannya  menjadi wewenang  Kementerian Kebudayaan (Kemenbud).

Kepastian ini setelah Kemenbud menyerahkan pengelolaan delapan candi tersebut kepada Sleman, Selasa (23/10/2018). Penyerahan pengelolaan ditandai dengan  penandatangan kesepakatan  (MoU) antara Kemenbud  yang diwakili Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan  Kemenbud Himar Farid  dan Pemkab Sleman yang diwakili bupati Sleman, Sri Purnomo. Delapan candi tersebut, yakni candi Ijo,  candi Banyunibo, candi Sari, candi Kalasan, candi Kedulan, candi Sambsari dan candi Gebang.

Baca Juga : Yuk Mengenal Candi Kimpulan

Dirjen Kebudayaan Kemenbud Hilmar Farid mengatakan MoU ini bukan hanya sebagai dasar hukum dalam pengelolaan delapan candi tersebut. Namun lebih dari itu juga pengembangan candi-candi tersebut dalam mendukung pembangunan di Sleman, terutama di sektor  pariwisata.

“MoU ini merupakan terobosan dan dasar  hukum pengelolaan,” kata Hilmar Farid

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan untuk pengelolaan candi-candi tersebut memang perlu landasan hukum yang jelas, terutama agar tidak ada kesalahan administrasi. Sleman sendiri selama ini telah melakukan kerjasama dengan balai pelestari cagar budaya (BPCB) dalam merawat delapan candi tersebut.

“ Dengan MoU ini, kami berharap pengelolaan delapan candi tersebut akan semakin maksimal, terutama untuk menjadi destinasi wisata yang menarik, sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sleman,”  paparnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Sudarningsih menambahkan untuk mengoptimalkan pengelolaan delapan candi tersebut, akan fokus pada pengembangan pariwisata.

” Untuk perlindungan dan perawatan zona-zona candi tetap akan dilakukan BPCB “jelasnya.

Jogja Ditetapkan sebagai Kota Kebudayaan ASEAN

Previous article

PSM Makassar Menuju Gelar Juara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman