Kab SlemanNews

Gamol Jadi Desa Wisata Budaya

0
Gamol Jadi Desa Wisata Budaya
Gamol Jadi Desa Wisata Budaya ( FOTO : Humas Pemkab Sleman )

STARJOGJA.COM. SLEMAN – Sleman kembali menambah destinasi wisata baru. Dusun Gamol Jadi Desa Wisata Budaya. Deswitadaya menawarkan wisata edukasi dan alam sebagai sajian wisata bagi pengunjung.

Program-program yang dirancang dan dibangun di desa wisata ini seperti edukasi beternak kambing peranakan etawa (PE) bagi anak-anak, pemanfaatan lahan kosong yang kurang produktif, dan pemanfaatan sampah menjadi barang bernilai ekonomis. Selain itu, juga ada proses budidaya dan pembuatan jamur, olahan susu kambing dan pengelolaan warung hidup.

Baca juga : Yuk Piknik Seraya Belajar Sejarah di Desa Wisata Gamplong

Deswitadaya Gamol merupakan binaan dari Pertamina dan resmi dilaunching, Rabu (24/10/2018). Peluncuran ditandai dengan penandatangan oleh Permaisuri Raja Keraton Yogyakarta GKR Hemas disaksikan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun dan perwakilan Pertamina.

Sri Muslimatun juga menjelaskan bahwa Industri wisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang menjanjikan. Hingga akhir tahun 2017 jumlah desa wisata di Sleman mencapai 35 desa dengan rata-rata lama tinggal wisatawan hingga 2,01 hari.

“Saya harap Desa Wisata Gamol dapat menambah keberagaman destinasi wisata dan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman. Saya juga menghimbau kepada seluruh penggerak wisata di Dusun Gamol untuk memanfaatkan bantuan yang diberikan PT Pertamina seoptimal mungkin.” Ujarnya.

Peresmian Deswitadaya Gamol ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial PT Pertamina Terminal BBM Rewulu kepada masyarakat melalui program CSRnya dengan melakukan pemberdayaan masyarakat. Manager Marketing Branch Pertamina DIY-Semarang, Dodik Prasetyo dalam acara peresmian tersebut menjelaskan bahwa Deswitadaya Gamol ini terdiri dari berbagai kelompok antara lain kelompok peternak kambing PE (Peranakan Etawa), kelompok pengelola olahan dari peternak kambing, kelompok pengelolasampah madiri, kelompok budidaya jamur, serta kelompok karang taruna.

“Desa wisata ini menawarkan wisata edukasi dan alam sebagai sajian wisata bagi pengunjung. Program-program yang dirancang dan dibangun di Desa wisata ini seperti edukasi beternak kambing PE dan edukasi kepada anak-anak kecil untuk lebih sayang kepadahewan peliharaan dan mengetahui manfaat beternak kambing PE,” jelasnya.

Iklan Rokok di Stasiun Tugu Ditutupi Kain Batik

Previous article

Ketua Umum PPP Rilis Lagu Kolaborasi dengan Jokowi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman