News

Pergantian Pasukan Bregada Pakualaman Setiap 35 hari

0
pergantian bregodo Pakualaman
Prosesi pergantian bregodo Pakualaman (Foto : Afina Fatharani )

STARJOGJA.COM, Jogja – Pergantian pasukan bregada Pakualaman selalu menarik untuk dilihat. Pergantian pasukan bregada Pakualaman diadakan setiap 35 hari sekali di hari Sabtu kliwonini pun sudah menjadi agenda wisata Kota Jogja.

“Pakualam ini kan ada dua abdi dalem prajurit, namanya lombok abang yang pakai baju merah dan plangkir seperti saya pakai baju hitam,” ujar Sugito Somo,  abdi dalem Pakualaman Sabtu 26 Oktober 2018.

Sesuai namanya pergantian pasukan bregada di Pakualaman diadakan untuk mengganti prajurit yang bertugas menjaga pakualaman. Sebanyak 110 prajurit dibagi menjadi 2 yaitu prajurit lombok abang  dan prajurit plangkir.

Baca Juga : Gelar Budaya Rakyat Siap Digelar di Pakualaman

“Walaupun acaranya mengganti prajurit namun semuanya 110 prajurit tetap bertugas menjaga bersama. Kira-kira pembagian jadwal menjaga sekitar 2 minggu sekali,” katanya.

Sugito mengatakan jika pergantian bregodo ini pada awalnya tidak seramai sekarang yang bisa dinikmati semua orang. Awalnya, hanya dilakukan dengan mengganti darjo (bendera) dan melakukan sarahsehan diantara abdi dalem Pakualaman.

“Cuman diantara abdi dalem saja. Cuman sekarang jadi lebih baik karena dinas pariwisata,” Ujar bapak sugito.

Acara pergantian bregodo ini dimulai sejak pagi dengan jatilan, dilanjutkan dengan mengganti bendera prajurit plangkir yaitu bendera berwarna hitam yang mendapat giliran berjaga. Setelah itu kirab prajurit berkeliling pakualaman, lalu sugengan tumpeng sampai wayang semalam suntuk.

Bayu

Anak Milenial Harus Melek Politik Pilpres 2019

Previous article

Sejarah Industri Board Game Indonesia Dimulai di Jerman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News