NewsPendidikan

Satpam UGM Sukses Kuliahkan 4 Anaknya

0
Teguh Tuparman ( FOTO : Humas UGM)

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Satpam UGM Sukses Kuliahkan 4 Anaknya. Perjuangan pasangan Teguh Tuparman (56) dan Sri Retnanik (54) asal Turi, Sleman ini sangat inspiratif. Mereka berhasil memberikan pendidikan tinggi kepada 4 orang anaknya.

Tiga diantaranya telah menyelesaikan pendidikan tinggi di UGM dan UNY. Bahkan putri sulungnya berhasil menyandang gelar doktor dari UGM belum lama ini melalui program beasiswa dari pemerintah.

Kegigihan Teguh dalam membesarkan anak-anaknya ini pun menghantarkannya meraih penghargaan Keluarga Hebat dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Mereka dinilai sukses menjalankan fungsi dan perannya dalam mendidik, mengasuh, serta membimbing anak-anaknya. Selain Teguh ada sembilan keluarga lain yang mendapatkan penghargaan ini.

“Saya ingin anak-anak bisa sekolah tinggi, tidak seperti saya yang hanya lulusan SMP,” katanya, Rabu (31/10) saat ditemui disela-sela tugasnya menjaga keamanan kampus UGM.

Baca juga :  UGM Raih Peringkat 74 Perguruan Tinggi di Asia

Dia yakin lewat pendidikan bisa menghantarkan anak-anaknya menjadi orang hebat dan memiliki kehidupan yang lebih baik. Karenanya segala cara dia tempuh untuk mewujudkan hal tersebut.

“Saya mendukung anak-anak untuk sekolah yang tinggi, bagaimanapun caranya akan mengusahakan agar mereka bisa kuliah sampai sarjana,” jelasnya.

Penghasilan sebagai satpam kampus hanya pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga. Ditambah lagi untuk membiayai kuliah dan sekolah anak-anaknya. Untuk itu dia mengambil kerja sambilan untuk memperoleh pendapatan tambahan.

“Dulu saat anak-anak masih sekolah semua saya menjalani semua pekerjaan, pernah jadi sopir bus kota dan penjaga,” kisahnya.

Teguh tidak pernah mengeluh akan kehidupannya. Apa yang dilaluinya membuatnya sadar bahwa semua hal bisa dicapai jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dia justru merasa bangga meskipun dalam kondisi terbatas mampu menghantarkan puteri-puterinya mengenyam bangku perguruan tinggi. Kini putri sulungnya telah menjadi dosen di Universitas Andalas, yang kedua membuka bisnis, dan yang ketiga bekerja di penerbitan.

“Bangga rasanya, meskipun saya ini orang biasa yang hanya lulusan SMP dan isteri tidak pernah sekolah  bisa menyekolahkan anak sampai perguruan tinggi,” ungkapnya.

Pink, Meraih Impian Hingga Nabi Muhammad

Previous article

Mapagama Lakukan Pendakian dan Riset di Pegunungan Himalaya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News