Kota JogjaNews

PMI DIY Surplus Stok Darah

0
Terapi Plasma Darah
ilustrasi donor Darah

STARJOGJA.COM, JOGJA – PMI DIY mengalami surplus stok darah.Persediaan yang ada  pada November 2018  mampu memenuhi kebutuhan seluruh rumah sakit di lima kabupaten/kota.

“Permintaan kantong darah seluruhnya bisa terpenuhi, bahkan masih bisa mencukupi kebutuhan hingga akhir tahun,” kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Palang Merah Indonesia (PMI) Di Yogyakarta, Warjiyani ,dikutip dari Antaranews.com.

Warjiyani menyebutkan kebutuhan darah bulanan yang telah dipenuhi PMI DIY total mencapai 6.050 kantong darah, dengan perincian Kota Yogyakarta 3.400 kantong, Kabupaten Sleman (1.000), Kabupaten Bantul (750), Kabupaten Kulon Progo (400), dan Kabupaten Gunung Kidul 500 kantong darah.

Sementara persediaan kantong darah yang masih tersisa hingga 2 November 2018 mencapai 3.285 kantong darah. Stok tersebut masih ditambah dengan tingginya jumlah pendaftar calon pendonor yang telah melebihi jadwal hingga akhir tahun.

“Sehingga nanti kami juga akan mengubah target donor darah dengan menyesuaikan rata-rata kebutuhan masyarakat,” kata dia.

Menurut dia, tingginya persediaan kantong darah tersebut disebabkan kesadaran donor darah masyarakat di DIY yang meningkat terutama yang ada di instansi pemerintahan, lembaga, masyarakat, perguruan tinggi, hingga lembaga-lembaga kepemudaan.

Operasi SAR Lion Air Diperpanjang 3 Hari

Previous article

Tim SAR Evakuasi 138 Kantong Jenazah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja