Esai

Cara Atasi Stres Bagi Mahasiswa, ini Tips Cegah Stres

0
stres
JIBI

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Sebagai mahasiswa, stres itu tidak bisa dihindari sehingga mencari cara atasi stres. Terlebih lagi mahasiswa tingkat akhir plus anak rantau. Stres itu pasti ada, ya stres tugas akhir, stress Homesick, stres tanggal tua, atau stres mikirin masa depan.

Padahal masa depan ya  tergantung apa yang kamu perbuat saat ini. Intinya kalau stress jangan dibiarin. Ada beberapa hal cara atasi stres.

Pertama, coba video call keluarga kamu. Jaman sekarang kita udah dibekali HP yang bener-bener serbaguna dari yang dulu cuman bisa telpon doang sekarang kamu bisa video call cuman dengan modal kuota.

Baca Juga : Review Film A Taxi Driver Cerita Nyata di Gwangju

Hal ini aja bisa ngusir rasa homesick kamu sebagai anak rantau. Yang tadinya stres tidak jelas, trus video call adek kamu yang lucu, atau nenek kamu yang manjain banget itu bisa jadi penyemangat buat kamu menjalani hari lagi.

Cara atasi stres kedua, bernyanyi lah. Kadang stres itu akibat adanya sesuatu yang di pendam, dengan bernyanyi lagu kesukaanmu, kamu bisa meluapkan stres tersebut. Atau kalau punya uang lebih, kamu bisa bareng temen ke tempat karaoke dijamin stresmu akan hilang.

Cara atasi stres ketiga, membaca. Baca apapun yang kamu sukai, ada banyak pilihan bacaan yang bisa bikin stres hilang. Baca komik, baca novel atau baca webtoon di HP kamu dengan modal kuota aja.

Keempat, jadi Fangirl. Jaman sekarang banyak banget Fangirl bertebaran. Salah satunya yaitu Fangirl Kpop. Menjadi Fangirl itu sangat-sangat membantu menghilangkan stres. Dengan menyukai Boyband-Boyband Korea itu kamu jadi banyak melihat para oppa-oppa tampan yang pasti tidak membosankan.

Selain tampang, lagu-lagu mereka juga bagus-bagus, dan ditambah acara-acara variety mereka yang menghibur cocok untuk menghilangkan stres. Selain itu menjadi Fangirl juga bisa mempunyai teman banyak, karena perkumpulan para pecinta Boyband ini sangat banyak dan juga menghibur.

Kelima, menonton. Tonton apa saja film atau drama kesukaan mu. Nonton drama Korea juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena cerita-cerita dramanya itu kreatif dan menghibur. Tapi tentu saja tampang pemainnya juga menyegarkan mata. Pilih genre apa saja yang menjadi kesukaanmu. Kalau kamu ingin melepas stres dengan menangis pilih saja genre tragedy, atau percintaan yang melankolis, dijamin bisa melepas stres.

Keenam, bercerita dengan teman. Stres itu jangan dipendam sendiri. Akan lebih baik kalau kamu keluarkan semua stres yang mengganjal kamu. Caranya ajak gengmu untuk mendengarkan ceritamu, nongki di Cafe dengan gengmu akan lebih seru. Bercerita sambil bercanda akan membuat mu lupa dengan stres yang kamu derita. Main Game juga menjadi pilihan ketika berkumpul dengan gengmu.

Beberapa hal diatas bisa jadi acuan kamu untuk menghilangkan stres. Ya mungkin tidak berlaku untuk semua orang tapi apa salahnya untuk di coba kan?.

Intinya jika stres jangan di pendam sendiri, usahakan ada orang di samping mu, ada orang yang akan mendengar ceritamu, ada orang yang akan memberimu semangat. Ingat kita tidak sendiri di dunia ini dan juga jangan lupa memperkuat iman kita agar selalu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bayu

Jogjabika Kopi Asli Yogya Cita Rasa Istimewanya Jogja

Previous article

Kopi Rempah-rempah Nusantara Heboh di London

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Esai