Kab SlemanNews

Sleman Kukuhkan 50 Kader Pancasila

0
Monesa (Monopoli Negaraku Indonesia)
Kader Pancasila

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Sebanyak 50 Kader Pancasila dikukuhkan oleh Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, Rabu (7/11/2018). Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman tersebut bertujuan untuk menghidupkan serta menghayati kembali nilai-nilai Pancasila melalui Kader Pancasila yang tersebar di Kabupaten Sleman.

Sri Muslimatun berharap para Kader Pancasila yang telah dikukuhkan tersebut dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, dia juga berharap kader-kader tersebut dapat menularkan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila kepada masyarakat di sekitarnya. Sehingga rasa aman dan tentram dapat terwujud di tengah-tengah masyarakat di Kabupaten Sleman.

“Nilai-nilai Pancasila harus benar-benar terinternalisasi di kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat. Karena munculnya persoalan-persoalan baik itu terkait politik, hukum, sosial dan lain-lain itu bukan tidak mungkin karena kurangnya pemahaman dan mengamalan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat,” ujar Sri Muslimatun.

Baca juga: Festival UMKM Sembada 2018 Angkat Potensi Sleman

Untuk itu, dia menjelaskan bahwa pengukuhan para Kader Pancasila tersebut merupakan usaha Pemerintah Kabupaten Sleman dalam merevitalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai konsensus identitas nasional. Dia berharap melalui upaya tersebut masyarakat di Kabupaten Sleman nantinya memiliki kesiapan mental dan spiritual untuk menghadapi keberagaman di tengah masyarakat.

“Kita juga harapkan Pancasila menjadi rujukan dan inspirasi dalam melaksanakan pembangunan daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, Heri Dwi Kuryanto selaku Kepala Badan Kesbangpol Sleman mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya pendampingan dan penguatan bagi perintisan Desa Berkarakter Pancasila di Kabupaten Sleman. Lebih lanjut dia menuturkan bahwa saat ini di Kabupaten Sleman telah memiliki  Desa Berkarakter Pancasila yang bertempat di Desa Margodadi Kecamatan Seyegan. Dia berharap pembentukan Desa Berkarakter Pancasila di tahap awal tersebut bisa diimplementasikan di desa-desa lainnya di Kabupaten Sleman.

“Ini tengah kita sosialisasikan di desa-desa di Kabupaten Sleman”, tutupnya.

Bayu

UGM Juara Umum Kontes Robot Terbang Indonesia 2018

Previous article

Lomba Menulis Surat Untuk Wali kota

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman