Flash InfoHealth

BNN Sebut Meminum rebusan pembalut Bisa Mematikan

0

STARJOGJA.COM, HEALTH – BNN Sebut Meminum rebusan pembalut Bisa Mematikan. Rebusan pembalut wanita, salah satunya mengandung chlorine yang bisa membuat seseorang keracunan yang bisa berujung kematian.

“Kalau terpapar dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kematian,” ujar ahli kimia farmasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Pol. Drs. Mufti Djusnir, MSi, Apt, dikutip dari Antara, Jumat ( 09/11/2018).

Pernyataan ini disampaikannya menanggapi kabar Kasus remaja mabuk rebusan pembalut. Kasus remaja mabuk rebusan pembalut terjadi di beberapa wilayah tanah air, yakni di Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta. BNN menemukan, praktik meminum rebusan pembalut sudah ada sejak dua tahun silam, Namun, mereka baru menangkap tangan para pelaku belakangan ini.

“Masalah penyalahguna menggunakan pembalut itu kami BNN baru menangkap tangan. Beberapa waktu lalu sudah ada informasi penyalahgunaannya, sekitar dua tahun lalu,” kata Mufti.

Baca juga : BNNP DIY Maksimalkan Program Rumah Damping

Lebih lanjut Ia menjelaskan , setidaknya organ-organ tubuh semisal ginjal dan liver akan tertiban “getahnya” chlorine. Fungsi organ ini rusak perlahan-lahan. Jika sudah rusak, fungsinya tak bisa normal kembali. Lebih lanjut, para peminum rebusan pembalut mungkin merasa fly. Padahal yang terjadi mereka mengalami pusing karena keracunan chlorine.

“Chlorine memang tergolong antiseptik, antimikroba tetapi berisiko. Kalau sampai diminum bahaya. Saat penyerapan oleh tubuh, kalau memang dia zatnya beracun, biasanya ada reaksi tubuh yang spontan. Tubuh punya semacam alarm, kalau ada yang aneh-aneh, tubuh akan mengeluarkan,” papar Mufti.

Kita Bisa Juga Jadi Pahlawan

Previous article

9 Hoax Beredar Pada Minggu Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info