Kota JogjaNews

Operasional Kora-Kora dan Bianglala Sekaten Dihentikan

0
Gerbong Bianglala Terbalik, Penumpang Nyaris Berjatuhan ( FOTO : Harianjogja)

STARJOGJA.COM. JOGJA – Operasional Kora-Kora dan Bianglala Sekaten Dihentikan. Walikota Jogja Haryadi Suyuti memutuskan agar seluruh wahana permainan kincir angin (bianglala) dan kora-kora yang ada di arena Sekaten 2018 dihentikan atau ditutup. Ini adalah Buntut terjadinya kecelakaan bianglala pada hari Minggu kemarin,

Haryadi mengatakan peristiwa tersebut menjadi peringatan kepada semua pihak agar seluruh wahana permainan harus memiliki standarisasi. Terutama terkait faktor keselamatan dan keamanan seluruh pengguna.

“Ini bukan keputusan emosional tapi rasional. Tujuannya untuk menjaga ketenangan masyarakat. Keputusan ini kami ambil agar semua pihak mengerti dan memahami. Kami tidak ingin masalah ini menjadi polemik,” kata Haryadi saat jumpa pers di Balaikota Jogja, Selasa (13/11/2018).

Baca juga : Tarif Parkir Nutuk Saat Sekaten Jadi Perhatian Forpi

Haryadi pun meminta maaf kepada seluruh masyarakat terkait dihentikannya seluruh wahana permainan tersebut.Meski begitu, Haryadi tidak memerintahkan agar seluruh wahana permainan tersebut untuk dibongkar. Dia mempersilahkan jika wahana tersebut masih berdiri hingga berakhirnya Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) hingga 19 November mendatang

“Secara teknis mesin atau motor bianglala tersebut baru. Tapi tidak ada jaminan kalau dioperasikan lagi tidak ada insiden serupa terjadi. Kami memutuskan itu dengan banyak pertimbangan,” katanya.

Sebelumnya dilaporkan, Sebuah wahana bianglala gagal beroperasi di Arena Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara Kota Jogja, Minggu (11/11/2018) malam. Gerbong Bianglala Sekaten Terbalik, Penumpang Nyaris Berjatuhan.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Bianglala berjumlah 18 gerbong dengan ketinggian sekitar 20 meter terisi penumpang di beberapa gerbong. Salah satu gerbong tiba-tiba terbalik sehingga gerbong lainnya menjadi tidak normal mengikuti putaran.

Bayu

Donor Darah di Mall ini Targetkan 800 Kantong Darah

Previous article

Disdik Kabupaten Magelang Gandeng Kodim 0705 Razia Pelajar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja