FeatureHealth

Jangan Membenci Hujan karena Hujan Memiliki..

0
BPBD Kota Jogja
Hujan mengguyur kawasan kantor Starjogja.com (foto : Efi Baity)

STARJOGJA.COM, Jogja – Saat hujan turun di saat kita ingin beraktivitas luar ruang tentu membuat kita kecewa. Tapi, jangan membenci hujan karena hujan memiliki rahasianya.

Jangan membenci hujan nikmati saja rintik airnya, bisa menjadi pereda ketegangan pikiran dan dianggap bisa memberikan ketenangan. Tahukah Anda mengapa suara rintik hujan memberi efek menenangkan? Bahkan, ada sejumlah orang yang menganggap suara hujan bisa menjadi terapi untuk mengatasi depresi?

“Hujan memiliki pola yang dapat diprediksi. Otak bakal memrosesnya sebagai suara yang tidak mengancam. Sehingga efeknya bakal menenangkan,” terang Emily Mendez seorang psikolog seperti dikutip dari Health Line, ditulis Rabu (14/11/2018).

Baca Juga : Yoga Wajah Lebih Sehat dan Aman Hilangkan Kerut

Emily mengatakan, setiap orang pada dasarnya mengalami depresi ringan. Mendengarkan suara rintik hujan bisa menjadi pereda depresi itu.

Maka, rekaman suara rintik hujan menjadi salah satu media yang membantu meditasi sehingga dapat merelaksasi tubuh. Biasanya, suara rintik hujan disetel di tempat khusus untuk menyegarkan diri, seperti panti pijat maupun pusat kebugaran.

Hasil penelitian lainnya menyebut suara rintik hujan dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi ketegangan pada otak. Bahkan, aroma tanah basah tersiram air hujan dapat merangsang indera penciuman yang diterjemahkan otak dengan efek ketenangan.

Orang yang menyukai hujan biasanya memiliki kepekaan dan selalu berpikiran positif. Nah, itulah sebabnya suara gemericik air hujan bisa menjadi membantu mengatasi depresi. Saat tubuh lelah dan pikiran semrawut, cobalah tenangkan diri dengan mendengarkan suara rintik hujan.

Jika di luar ruangan sedang hujan, Anda bisa memandang keluar jendela sambil menenangkan diri. Apabila kurang puas, Anda bisa mandi air hujan agar beban yang dirasakan terasa lebih ringan. Namun, jangan terlalu lama bermain di bawah air hujan karena akan menyebabkan tubuh terserang flu.

Sumber : Solopos.com

Bayu

Musim Terakhir Game Of Thrones Tayang April 2019

Previous article

EHEF Jadi Jendela Universitas di Uni Eropa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature