Techno

Kanafit Aplikasi Kesehatan Buatan Mahasiswa UGM

0
kanafit (foto : Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Sleman- Kanafit aplikasi mobile untuk mengukur beberapa indikator kesehatan dibuat Tim Mahasiswa UGM melalui startup Majatech. Indikator yang diukur adalah denyut nadi, tekanan darah, jumlah langkah serta kalori yang terbakar hanya dengan smartband dan satu sentuhan dalam smartphone.

Hasil pengukuran tersebut akan tersimpan dalam smartphone dan bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan analisis di kemudian hari. Tri Yunianta, salah satu pengembang aplikasi tersebut mengatakan pengembangan aplikasi tersebut diperuntukan untuk memantau kesehatan para pengguna smart blend atau gelang pintar.

“Kita memulai ide ini muncul sejak bulan maret lalu dikerjakan selama 4 bulan,” kata pria asal Kulonprogo Yogyakarta ini kepada wartawan di kampus UGM, Rabu (14/11).

Baca Juga : Gelang Power Balance dan Riwayatmu Kini

Tri menjelaskan munculnya ide pembuatan Kanafit berawal dari keinginan membuat inovasi teknologi yang mendistrupsi layanan bidang kesehatan. Pemilihan nama Kanafit kata Tri diambil dari bahasa sansekerta yang artinya gelang.

Meski baru tahap awal aplikasi ini, menurut Tri membantu banyak orang untuk memantaui kesehatan dirinya sendiri, sahabat, orang tua maupun kerabat dari jarak jauh.

“Orang tua yang sudah lansia yang kebetulan tidak bersama anaknya, bisa dipasang gelang pintar dan bisa dipantau secara real time lewat aplikasi ini,” katanya.

Aplikasi yang mereka susun menurutnya berupa data rekam medik  berupa tensi tekanan darah, detak jantung, kadar oksigen dalam darah, serta menghitung jumlah langkah per hari dan jumlah kalori yang terbakar selama sehari. Gelang pintar ini pun menurutnya bisa digunakan tenaga medis di rumah sakit dimana pasien tinggal dipasang gelang lalu data kesehatannya bisa dipantau melalui sistem aplikasi tersebut.

“Penggunanya bisa tahu rekomendasi apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan mereka,” katanya seraya menjelaskan aplikasi yang dibuat oleh enam orang anggota tim pengembang startup Majatech ini, aplikasinya baru bisa diunduh di link ugm.id/kanafit

Bayu

EHEF Jadi Jendela Universitas di Uni Eropa

Previous article

TPID DIY Pastikan Stok Pangan Mencukupi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno