Kota JogjaNews

SLIK Tekan Resiko Kredit Bermasalah

0
unit link
OJK

STARJOGJA.COM, JOGJA – Mulai 1 Januari 2018, pengelolaan sistem informasi debitur berpindah dari Bank Indonesia (BI) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) disebut sebagai infrastruktur penting di sektor jasa keuangan yang dapat digunakan untuk oleh pelaku industri untuk memitigasi risiko, khususnya resiko kredit. Dengan demikian, tingkat resiko kredit bermasalah dapat diturunkan. SLIK  Tekan Resiko Kredit Bermasalah

Talk Show OJK ( FOTO : Nawa)

Hendro Wibowo , Staf Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Yogyakarta menjelaskan Sistem ini mampu mendukung perluasan akses kredit atau pembiayaan. Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK ini bisa diakses di semua kantor OJK yang ada di 37 kota.

” Bagi kreditur SLIK bisa membantu mempercepat proses analisis dan pengambilan keputusan pemberian kredit,” jelasnya.

Sementara bagi debitur atau masyarakat umum, keberadaan SLIK dapat dimanfaatkan untuk mengetahui data kredit perbankan seperti data pokok debitur, plafon kredit, baki debet, kualitas kredit, beban bunga, cicilan pembayaran serta denda atau penalti pinjaman. SLIK juga bisa memberikan informasi mengenai status agunan serta rincian penjamin kredit.SLIK bisa Mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh persetujuan kredit.

” Bagi nasabah baru, khususnya yang tergolong sebagai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), akan mendapat akses yang lebih luas kepada pemberi kredit dengan mengandalkan reputasi keuangannya tanpa harus tergantung pada kemampuan untuk menyediakan agunan” jelasnya

Pelapor SLIK tidak hanya industri perbankan, tapi juga mencakup Lembaga Jasa Keuangan (LJK) maupun non LJK. Karena bersifat rahasia,layanan ini hanya bisa diakses ke kantor OJK. Berikut tata cara permintaan Informasi Debitur :

SUMBER : OJK

Berikut Cara Membaca Informasi Debitur Dengan Menggunakan SLIK :

FOTO : OJK

 

Mendagri Dorong Peran Camat Lebih Optimal

Previous article

Desa Gilangharjo Siap Jadi Lokasi Ngayogjazz 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja