Kab SlemanNews

24 Desa Ramaikan Festival Desa Wisata Sleman

0
Ilustrasi Desa Wisata

STARJOGJA.COM, SLEMAN – 24 Desa  Ramaikan Festival Desa Wisata Sleman. Acara ini  berlangsung di Desa Wisata Kelor, Bangunkerto, Turi pada Minggu (18/11/18). Kehadiran desa wisata diharapkan bisa meningkatkan gairah industri wisata Sleman. Desa wisata diharapkan meningkatkan upaya mempromosikan potensi desanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih menjelaskan bahwa Pelaksanaan festival desa wisata sudah dilakukan sejak sebulan yang lalu dengan penilaian dari juri mulai hari Kamis (11/10/2018) sampai dengan Sabtu (10/11/2018). Dari penjurian tersebut 31 desa wisata di Sleman turut ambil bagian dalam Festival Desa Wisata 2018 yang diklasifikasi menjadi 22 desa wisata tumbuh dan berkembang dan 9 desa serta disaring menjadi 24 nominator.

“Even di Desa Wisata Kelor ini adalah grand final. Masing-masing peserta menampilkan kuliner, kesenian, serta kerajinan khas desa wisata masing-masing,” Jelas Sudarningsih.

Sementara itu Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun yang hadir membuka acara tersebut mengatakan bahwa Festival Desa Wisata merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pengembangan desa wisata di Kabupaten Sleman.

“Selain itu penyelenggaraan festival ini sebagai ajang promosi karena dinikmati juga oleh peserta JIHW dari berbagai negara,” kata Muslimatun.

Muslimatun menuturkan dengan semakin banyaknya desa wisata yang dikelola dengan baik oleh masyarakat, tentunya akan menambah jumlah wisatawan yang berkunjung di Sleman.

Saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sleman menunjukkan tren positif yaitu sebanyak 7.226.595 pada tahun 2017. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2016 yang hanya sebanyak 5.321.038 wisatawan berkunjung ke Sleman.

“Namun  perlu diingat bahwa proses pengembangan desa wisata perlu memperhatikan pengemasan potensi desa wisata  serta promosi terus menerus, sehingga kontinuitas kunjungan wisata dapat terus dipertahankan,” tambah Muslimatun.

Dukungan Warga Sukseskan Ngayogjazz 2018

Previous article

Kesuksesan Ngayogjazz Didukung Banyak Volunteer

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman