Feature

Becak Bertenologi Mesin Listrik Diujicoba di Jogja

0
tirai pembatas Becak
Sejumlah pengemudi becak menguji kenyamanan dan kemampuan becak tenaga alternatif kayuh di kawasan Jalan Bhayangkara, Jogja, Jumat (23/11/2018) ( FOTO : JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto )

STARJOGJA.COM, JOGJA – Becak Bertenologi Mesin Listrik Diujicoba di Jogja. Dua unit becak bertenologi mesin listrik diberi nama Bregada dan Belia diujicoba. Keduanya merupakan purwarupa yang dihasilkan dalam rangka penyusunan kajian perencanaaan becak tenaga alternatif kayuh 2018.

Secara bentuk maupun ukuran keduanya tidak mengalami perubahan yang signifikan, hanya ada penambahan mesin brushless, baterai penampung daya dan alat pengatur kecepatan mesin serta dilengkapi dengan lampu penerangan dan lampu isyarat berbelok.

Baca juga : Ini Sejarah Becak di Jogja

Kabid Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Hari Agus Triyono mengatakan purwarupa becak yang sedang diujicobakan tersebut memiliki tenaga penggerak dari listrik dan ramah lingkungan. Keberadaan becak yang menggunakan penggerak listrik (aki/baterai) harus tetap bisa dikayuh.

“Namanya tetap becak tapi ada inovasi. Ada kekurangan itu yang dicatat kemudian diperbaiki. Ini masih prototipe, belum diproduksi massal,” katanya di sela uji coba di Gedontengen, Jogja, Jumat (23/11/2018).

Dia berharap becak Jogja punya ciri khas. Bukan berbentuk becak motor (betor), tetapi mempertahankan pedal kayuh. Bentuk dan ukuran diatur dan mengusung ciri khas Jogja, meskipun sudah dimodifikasi.

UNY masuk Top 500 Asia

Previous article

Smartphone Buatan China Kuasai Pasar Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature