Kota JogjaNews

186 RW Deklarasikan Diri Sebagai RW Bebas Asap Rokok

0
kawasan tanpa rokok sleman
FOTO : Reuters

STARJOGJA.COM, JOGJA – Hingga bulan Nopember telah ada 186 RW deklarasikan diri sebagai RW Bebas Asap Rokok. 186 RW itu merupakan bagian dari 616 RW yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. Keberadaan RW bebas asap rokok ini diharapkan menjadi bagian dari upaya melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok.

drg. Arumi Wulansari, MPH – Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan pencegahan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menjelaskan RW yang mendeklarasikan diri bebas asap rokok itu membuat sejumlah komitmen yang telah disepakati bersama.

Diantaranya adalah tidak merokok di depan balita, anak-anak, ibu hamil, dan lansia. Warga juga tidak merokok di dalam rumah dan tidak menyediakan asbak saat pertemuan warga. Selain itu ada komitmen untuk tidak menyuruh anak di bawah 18 tahun membeli rokok. Menurutnya, untuk memberikan tempat bagi perokok ada space khusus merokok yang sudah disepakati warga.

“Kami terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang dampak buruk asap rokok,” jelasnya. Dengan begitu pihaknya berharap, agar kampung-kampung lain juga terdorong untuk membebaskan lingkungan mereka dari asap rokok,”jelas Arumi saat berbincang dengan Star Jogja FM,pekan lalu.

Baca juga : Yogyakarta Masuk 15 Kota Besar Perokok Tertinggi

Ia menjelaskan kebijakan RW bebas asap rokok ini, mulai membuahkan hasil. Warga, terutama bapak-papak yang dulunya sekitar 75% merokok, kini secara bertahap mulai meninggalkan kebiasaan merokok di tempat-tempat tersebut. Bahkan, untuk tidak merokok di dalam rumah, sudah hampir 100%.

“Deklarasi ini hanya awalan, selanjutnya warga harus berani mengingatkan jika masih ada warga yang merokok di tempat-tempat umum,” tuturnya.

Dalam upaya mewujudkan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta akan melakukan Pemberian Penghargaan kepada RW Bebas Asap Rokok. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 30 Nopember 2018 pukul 13.00 WIB.

Ini merupakan bagian dari kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) setiap tanggal 12 Nopember. Untuk tahun 2018 merupakan HKN ke-54. Tema HKN ke-54 adalah : “AKU CINTA SEHAT” dan sub tema “ AYO HIDUP SEHAT, MULAI DARI KITA”. Tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Ribuan Penonton Hadiri Pemutaran Film ‘Sultan Agung’

Previous article

Wayang Bocah Jadi Literasi Budaya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja