NewsNusantara

Pemungutan Suara Jadi Tahapan Paling Krusial Pada Pemilu 2019

0
pemilu 2019
Dihadapan Danrem dan Dandim seluruh Indonedia, Mendagri Beberkan Waktu Krusial Saat Pemilu 2019 ( FOTO : Puspen Kemendagri)

STARJOGJA.COM, JAKARTA – Pemungutan Suara Jadi Tahapan Paling Krusial Pada Pemilu 2019. Diperkirakan butuh waktu 11 menit secara keseluruhan selama di TPS. Perlu sosialisasi massif soal cara menggunakan suaranya pada 5 lembar surat suara.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan hal itu dihadapan seluruh Komandan Resort Militer (Danrem) dan Dandim (Komandan Kodim) seluruh Indonesia,Selasa (27/11/2018) di Pussenif Kodiklat Bandung.

Tjahjo melanjutkan, saat pemungutan suara, apabila dihitung satu orang pemilih masuk TPS, membuka setiap lembar 5 surat suara lembaran sampai dengan mencoblos hingga keluar TPS total memakan waktu bisa sampai sekitar 11 menit.

“11 Menit yang dipergunakan seorang pemilih itu tidaklah mudah, karena mereka dituntut untuk dapat memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD RI sampai dengan DPR RI serta pasanga Capres dan cawapres”, jelas Tjahjo seperti disampaikan dalam Keterangan tertulisnya kepada Starjogja.com, Selasa Malam.

Baca juga : BSSN Waspadai Ancaman Siber pada Pemilu 2019

Tjahjo berharap nantinya masyarakat dapat lebih tenang dan cermat dalam memilih.

“Masyarakat harus dapat tenang dan cermat dalam memilih. 11 menit itu adalah waktu keseluruhan yang dibutuhkan selama di TPS, bukan didalam bilik suara ,” ungkap Tjahjo.

Dalam pelaksanaan nantinya, Tjahjo berharap adanya sinergi yang baik dalam hal pengamanan TPS seperti halnya dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu yang lalu.

“Seperti halnya Pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang lalu kita tempatkan TNI, Polri dan Satpol PP pada setiap TPS untuk memastikan keamanan dan kondusifitas TPS tersebut. Kami berharap sinergi ini akan konsisten dan berkembang khususnya untuk Pemilu 2019 mendatang” harap Mendagri.

Sudah Cukup Edy ! Mundurlah dari Ketua PSSI

Previous article

Pengelola Bandara Adisucipto Tingkatkan Kewaspadaan Keselamatan Penerbangan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News