Kab SlemanNews

Mahasiswa UNY Buat Mesin Pembuat Emping Otomatis

0
Mahasiswa UNY Buat Mesin Pembuat Emping Otomatis
Mahasiswa UNY Buat Mesin Pembuat Emping Otomatis (FOTO : Humas UNY)

STARJOGJA.COM. SLEMAN – Proses pembuatan melinjo menjadi emping diperlukan sebuah kesabaran dan tenaga yang optimal. Proses pembuatan emping melinjo yang rumit ini menjadi perhatian mahasiswa Fakultas Teknik UNY. Mahasiswa UNY Buat Mesin Pembuat Emping Otomatis.

Khusniyati dan Ilham Arifin Pambudi dari prodi pendidikan teknik informatika, Mohammad Giffari Anta Pradana prodi pendidikan teknik elektronika serta Lukman Fatoni prodi pendidikan teknik mesin merancang mesin pembuat emping otomatis yang diberi nama Automatic Flash Machine Maker of Emping (Amping).

Menurut Khusniyati, menurunnya produktivitas pekerja melinjo diakibatkan karena kelelahan terhadap waktu, proses pembuatan yang cukup panjang dan diperlukan tenaga yang stabil dalam pembuatan menjadi emping.

Lukman Fatoni mengatakan rancangan Amping meliputi motor diesel, mesin rolling dan sangrai.

“Mesin akan digerakkan oleh motor diesel yang mengubah energi elektromagnetik menjadi energi mekanik” kata Lukman.

Baca juga : UNY masuk Top 500 Asia

Pada mesin rolling dan sangrai, biji melinjo akan di proses melaui sistem sangrai dengan cara pengadukan dalam mesin secara otomatis untuk menghilangkan kadar air. Biji melinjo juga akan melalui tahapan pada sistem rolling yang dikendalikan motor listrik untuk memipihkan biji. Selanjutnya emping akan ditampung ke wadah yang berada di samping mesin rolling.

Amping memiliki corong untuk memasukkan biji melinjo yang telah terpisah dengan kulit ari untuk memasuki tahapan rolling, penyangrai untuk mengurangi kadar air dalam biji sekaligus untuk mematangkan biji melinjo dengan sumber panas dari tungku. Rolling digunakan menekan biji melinjo dari dua sisi untuk memipihkan biji dan ditampung dalam wadah emping setelah melalui tahap rolling.

Menurut Mohammad Giffari Anta Pradana karya ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang penerapan teknologi dan berharap dapat mendapat sertifikat HAKI. Pemilik UKM Rizki Illahi Eni Mifroah merasa gembira dengan adanya mesin pembuat emping otomatis ini.

“Amping hadir sebagai alat yang membantu mitra agar dapat memproduksi emping melinjo dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat supaya kebutuhan pasar dapat terpenuhi” tutup Eni.

Bayu

Diduga Ada Kekeliruan Administrasi Dalam LPJ Pemuda Muhammadiyah

Previous article

UGM Kenalkan Alat Mesin Pertanian Korea Pada Petani Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman