Kab Bantul

Mobil Bioling Kemendikbud dikelola UMY

0
Mobil Bioling
Mobil Bioling diserahkan ke UMY (foto : HUmas UMY)

STARJOGJA.COM, Bantul – Mobil Bioling atau Bioskop Keliling sudah didistribusikan ke 11 wilayah Indonesia termasuk di Yogyakarta dan pengelolaannya diamanatkan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Bioling ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) Republik Indonesia telah diserahkan pada Jum’at (30/11) yang lalu.

“UMY memiliki beberapa komunitas yang bergerak dalam bidang Perfilman, misal dalam tingkat universitas ada Unit Kegiatan Mahasiswa MM Kine Club, lalu di IK sendiri ada badan semi otonom CiKo (Cinema Komunikasi),” kata Fajar Junaedi, salah seorang dosen Ilmu Komunikasi (IK) UMY Senin (3/12/2018).

Menurut Fajar, mobil Bioling tersebut akan menjadi cara untuk mendistribusikan film karya civitas akademika UMY agar lebih mudah dinikmati oleh masyarakat luas. Nantinya dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap film lokal.

Baca Juga : Ini 15 Film Indonesia Terlaris di 2018

“Pada tahun ajaran ini contohnya pada mata kuliah reportase, kami melakukan kolaborasi dengan Sekolah Gunung Merapi untuk membuat film mengenai edukasi, inspirasi, dan wisata di daerah Dukuh Pangukrejo, Cangkringan,” ujarnya.

Fajar menyebut mobil Bioling ini akan membantu civitas UMY dalam melengkapi proses produksi film. Mulai dari pengembangan, produksi, distribusi hingga ekshibisi film.

“Mobil Bioling tersebut dapat menjadi salah satu sarana untuk melakukan distribusi dan ekshibisi tidak hanya di dalam kampus tapi juga di luar lingkungan kampus,” ungkap Fajar.

Fajar menjelaskan bahwa film menjadi sarana edukasi yang penting karena media audio visual tersebut menuntut penontonnya agar fokus memperhatikan konten yang ada di dalamnya.

Ini Tantangan Bahtiar Sebagai Kapuspen Kemendagri

Previous article

Sepak Bola Indonesia Terjebak di Dunia Ironi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul