FeatureKab SlemanNews

Sleman Revitalisasi Wayang Wong Thengul

0
FOTO : Istimewa

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Dinas Kebudayaan Sleman (Disbud) Sleman revitalisasi wayang wong thengul. Langkah ini dilakukan untuk menggairahkan kembali keberadaan kesenian yang  vakum sejak 1980. Wayang Wong Thengul akan direvitalisasi oleh  dengan mementaskannya di beberapa kecamatan. Kesenian wayang tersebut dianggap mempunyai potensi untuk dikembangkan.

Kepala Disbud Sleman Aji Wulantara mengatakan upaya revitalisasi Wayang Wong Thengul ditujukan untuk memperkuat dan semakin menyemarakkan berbagai jenis atraksi budaya yang vakum di Sleman. Selain itu, ia mengatakan, langkah revitalisasi juga untuk memperkuat dan memperkokoh keistimewaan DIY

“Wayang Wong Thengul mengalami masa kejayaannya pada tahun 1967 hingga 1980an. Lalu setelah itu hingga kini mengalami masa kevakuman,” ujar Aji.

Baca juga : Wayang Bocah Jadi Literasi Budaya

Aji mengatakan vakumnya Wayang Wong Thengul disebabkan karena banyaknya anggota dari wayang itu yang pindah tempat tinggal, anggotanya yang lanjut usia, kekurangan sumber dana, juga kekurangan alat musik dan kostum.

Wayang Wong Thengul merupakan seni tari yang menirukan olah kridha wayang golek atau kayu menjadi gerakan kaku dan patah-patah. Wayang wong atau wayang orang biasanya mengambil tema cerita Ramayana dan Mahabarata, namun pada Wayang Wong Thengul tema cerita yang diangkat yaitu cerita menak atau orang yang terhormat seperti bangsawan.

Aji mengatakan cara untuk merevitalisasi dan mengenalkan kembali Wayang Wong Thengul yaitu dengan mementaskannya di berbagai acara kebudayaan pada tiap kecamatan.

Jelang Akhir Tahun, Waspadai Peningkatan Inflasi DIY

Previous article

Start-up Mahasiswa UGM Lolos ke Kompetisi Hult Prize Regional

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature