Kota Jogja

Saat Mahasiswa Menggelar Aksi Damai

0
ade armando demokrasi
Ilustrasi Tugu Jogja

STARJOGJA.COM, Jogja – Puluhan mahasiswa UNY jurusan PKNH menggelar aksi damai di Tugu Yogyakarta soal kasus HAM di Indonesia seperti kasus wartawan Udin, kasus Novel Baswedan, Munir, Marsinah, dan kasus Susi Tursilawati. Koordinator lapangan Bachtiar mengatakan aksi ini menjadi bagian tugas perkuliahan salah satu mata kuliah.

“Aksi damai ini sebenarnya merupakan tugas perkuliahan mata kuliah pendidikan HAM yang ada di kampus kami, tujuannya untuk menyuarakan hak asasi manusia. Acaranya sudah dirancang 2 bulan sebelumnya,” katanya Senin (10/12/2018).

Aksi damai yang dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB ini menggelar aksi teatrikal bertema kasus wartawan Udin. Aksi damai ini tidak mengganggu lalu lintas disekitar Tugu Yogyakarta.

Baca Juga : Singgung Entrepreneur Mahasiswa UGM Menang AISS

“Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian, sudah memberikan surat pemberitahuan bahwa kami akan melakukan aksi damai jam 8 di Tugu pada polisi,” katanya

Dafa Koordinator Umum Aksi Damai menuntut kepada pemerintah. Mahasiswa menuntut keseriusan pemerintah dalam melaksanakan kewajibannya untuk melindungi, menghormati, dan memenuhi HAM di Indonesia dengan sama rata tanpa adanya diskriminasi. Aksi selama 3 jam bertema ‘Bumi Tanpa Diskriminasi’ ini merupakan salah satu serangkaian acara seperti Seminar Nasional, bakti sosial, donor darah, lomba, aksi damai, dan akan ditutup dengan malam puncak pada Rabu 12 Desember 2018.

Bayu

Musim Hujan, PLN Area Yogyakarta Siapkan ini

Previous article

Mulai Hujan, Warga Yogya Diminta Waspadai Pohon Besar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja