NewsNusantara

Kemendagri Pastikan Tidak Ada DP4 Tambahan

0
dp4
Kapuspen Kemendagri Bahtiar di Star Jogja FM ( FOTO : Istimewa)

STARJOGJA.COM,JAKARTA  – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan tak ada data penduduk (DP4) tambahan yang dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Kapuspen Kemendagri, Bahtiar, mengungkapkan, Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil hanya memberi Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) sekali ke KPU RI. Pemberian dilakukan pada 15 Desember 2017 sesuai amanat UU Pemilu.

” DP4 tersebut untuk dijadikan bahan sandingan bagi KPU dalam menyusun DPT Pemilu 2019,” jelas Bahtiar dalam keterangan tertulisnya pada Starjogja.com.

Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil sifatnya hanya membantu menganalisis data penduduk. Kewenangan menetapkan DPT adalah sepenuhnya kewenangan KPU. Hasil analisis Ditjen Dukcapil tersebut hanya bersifat informasi yang disampaikan kepada KPU..

” Apakah KPU mau gunakan atau tidak adalah otoritas KPU sebagai lembaga yang berwenang menetapkan DPT Pemilu 2019. Jadi kami tegaskan bahwa tidak benar jika ada informasi yang menyatakan bahwa kemendagri menyerahkan DP4 atau data penduduk tambahan sebanyak 31 juta. Itu informasi yang tidak benar dan tidak valid,” tegasnya.

 

“Bohemian Rhapsody” Paling Banyak Di-Streaming

Previous article

ACT DIY Ajak Para Santri di Jogja Sosialisasi Kebencanaan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News