Kota JogjaNews

PHBS Hindarkan Sakit di Musim Hujan

0
BPBD Kota Jogja
Hujan mengguyur kawasan kantor Starjogja.com (foto : Efi Baity)

STARJOGJA,COM,JOGJA – Masyarakat DIY diminta mewaspadai berbagai penyakit, yang rentan terjadi selama berlangsungnya musim hujan. Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Hindarkan Sakit di Musim Hujan.

Setyarini Hestu Lestari, Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DIY merinci jenis-jenis penyakit yang sering muncul antara lain demam berdarah, leptospirosis, dan influensa.

” Prioritas kita adalah melaksanakan kegiatan untuk mencegah jangan sampai kasus diare dan demam berdarah meningkat. Dengan cara membina masyarakat agar sadar menjaga kebersihan lingkungan dan berperilaku hidup bersih juga sehat,” jelas Rini,kepada Star Jogja FM, Rabu pagi ( 12/12).

Ia mengingatkan kepada masyarakat untuk mencegah Demam Berdarah agar melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dengan menguras, menutup, mengubur, membersihkan genangan air.

” Kalau sumber penyakit sudah diminimalisir, nyamuk akan susah berkembangbiak.Akhirnya DBD bisa ditekan,”jelasnya,

Masyarakat juga wajib menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ia juga mengingatkan masyarakat, agar memperbanyak konsumsi makanan sehat, yang dimasak sendiri dari rumah.

”Kalau terpaksa jajan makanan di luar harus hati-hati, harus diperhatikan rasa, aroma dan warna makanan,” lanjutnya.

3 Warga Jogja meninggal Akibat Leptospirosis

Previous article

Drainase Peninggalan Belanda, Malioboro Tidak Banjir

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja