Shimichanchi, Belajar Bahasa Jepang Murah di Jogja

0
Shimichanchi
Shimichanchi belajar bahasa jepang di Jogja (foto : Kanzun Dinan)

STARJOGJA.COM, Jogja – Shimichanchi Nippon Circle Yogyakarta merupakan tempat belajar bahasa Jepang yang didirikan 2 tahun lalu oleh Shimizu Tomitaka mantan dosen bahasa Jepang di Universitas Gadjah Mada. Ia memiliki siswa cukup banyak di kediamannya Jalan Pogung, Dalangan RT 10 RW 50 – 269 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Banyak yang belajar disini, tidak hanya mahasiswa dari jurusan bahasa Jepang. Bahkan ada juga yang dari jurusan kearsipan,” kata Shimizu pada Starjogja.com Selasa (11/12/18).

Kegiatan belajar ini dimulai dari pukul 16.30 WIB hingga pukul 20.30 WIB, setiap hari Selasa dan Jum’at. Menariknya selama jam belajar berlangsung, siswa disini bisa datang jam berapa saja, bahkan siswa dapat pulang pada jam berapa saja.

Baca Juga : Makanan Khas Indonesia Bisa Ditemukan di Jepang

“Di sini bukan kursus, disini kan tempat belajar bahasa Jepang bersama, sehingga jamnya bebas,” imbuhnya.

Pembelajaran langsung ditangani oleh Shimizu sendiri. Pria yang berasal dari Osaka ini mengaku senang dan tidak keberatan membagi ilmunya.

“Karena luang, jadi buat Shimichanchi. Agar bisa belajar bersama,” terangnya.

Tak hanya itu, pembelajarannya juga terkadang mendatangkan orang Jepang secara langsung. Tak perlu biaya banyak untuk dapat bergabung disini, siswa cukup membayar fotokopi materi saja.

“Kemampuan siswa yang belajar disini berbeda-beda, tujuan belajar disini juga berbeda-beda, siswa disini tidak hanya mahasiswa S1, ada juga mahasiswa S2. Dari berbagai kampus, ada dari STIPRAM, UIN juga ada,” tambahnya.

Salah satu siswa, Ara mengaku senang dapat belajar disini. Ia juga mengatakan bahwa mendapat informasi mengenai Shimichanchi dari media sosial yaitu facebook resmi milik Shimizu Tomitaka.

“Disini sudah 3 bulan. Membantu banget belajar disini, soalnya saya bulan April 2019 mau pergi ke Jepang,” kata Ara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here