Kota Jogja

Baznas Adakan Acara Wisuda Madrasah

0
Siswa Madrasah Boyong Medali olimpiade
Wisuda Madrasah Al-Qur'an SMPN se-Kota Jogja (foto: Kanzun Dinan)

STARJOGJA.COM, Jogja – BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan Pentasharufan ZIS semester II tahun 2018 dan Wisuda Madrasah Al-Qur’an SMPN sekota Yogyakarta. Sebanyak 75 perwakilan dari 320 siswa yang terpilih menjadi wisudawan hari ini, 75 peserta tersebut berasal dari SMPN se-kota Yogyakarta kecuali SMPN 8 Yogyakarta.

“SMPN 8 sudah ada kegiatan sendiri sehingga dari 15 SMPN terdapat 740 santri yang tuntas bisa membaca Al Qur’an 320 santri dan yang diwisuda hari ini 75 santri,” kata  Misbahudin  Wakil Ketua Pelaksana  Sabtu (15/12/2018)

Kegiatan Madrasah Al-Qur’an ini bersinergi dengan BAZNAS pusat yang memberikan dana, kemudian Kementrian Agama menyiapkan guru-guru Agama Islam disetiap sekolah dan  Dinas Pendidikan beserta sekolah yang menyiapkan peserta Madrasah Al-Qur’an. Kegiatan ini baru pertamakali diadakan yaitu awalnya dari bulan September sampai akhir November 2018.

Baca Juga : Prestasi SMPN 4 Pandak Buat Herawati Mbrebes Mili

“320 orang yang tadi kan baru ditingkat satu, disemester dua akan naik ke kelas Tahsin yaitu kelas yang bisa membaca Al Qur’an tapi belum bisa Tajwid,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan kegiatan ini menjadikan para pelajar muslim SMPN dapat membaca Al Qur’an pada kelas dua SMPN.

Salah satu siswi, Adesta yang diwisuda hari ini mengaku senang menjadi perwakilan santri SMPN 13 yang diwisuda. Ia juga mengatakan bahwa perwakilan ini dipilih langsung oleh guru agamanya.

“Seneng sih terus dengan ini bisa lebih semangat belajar Al Qur’an lagi,” katanya

‌Dalam kegiatan ini BAZNAS juga membagikan bantuan kepada santri kurang mampu TKA/TPA/MADIN, bantuan pendidikan anak pegawai kurang mampu, pemberdayaan ekonomi produktif, bantuan operasional majelis mualaf, taklim dan difabel, bisyaroh ustadz TKA/TPA/MADIN.  Misbahudin menjelaskan bahwa pemberian simbolis sudah diserahkan pada salah satu perwakilannya.

“Kegiatan ini sudah ada dari tahun 2011 soalnya BAZNAS kota sudah mulai kegiatannya mulai dari tahun 2010,” ujarnya.

Bayu

Jogja Bike Hantarkan Jogja Raih “Smart City Award”

Previous article

Bantul Akan Bangun 3 Pos Pantau Amankan Libur Akhir Tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja