Kab SlemanNews

700 Pramuka Sleman Isi Liburan Dengan Pengembaraan

0
Ilustrasi Kegiatan Pramuka ( FOTO : BISNIS.COM)

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Sebanyak 700 Pramuka tingkat SMA di Sleman ikuti Pengembaraan akhir tahun atau BARATA. Kegiatan yang telah terlaksana sebanyak 33 kalin ini dilaksanakan oleh Gerakan pramuka Kwartir Cabang Sleman selama lima hari mulai tanggal 28 desember 2018 hingga 1 januari 2019. Rute pengembaraan mempunyai tema yang berbeda setiap tahunnya, untuk tahun ini peserta akan menyusuri selokan mataram bagian barat yang ber ujung di kulon progo.

“Para peserta nantinya akan menyusuri Selokan mataram bagian barat meliputi wilayah kecamatan Mlati, Seyegan, Minggir hingga kabupaten Kulon Progo. Rute sejarah selokan mataram ini sengaja kami ambil untuk menunjukan salah satu peninggalan yang menyimpan banyak cerita di Bumi Mataram serta mengenang jasa Sri sultah HB IX yang juga merupakan Bapak Pramuka Indonesia” ungkap Arwin Paungkas, Ketua DKC Sleman dalam keterangan tertulisnya kepada Starjogja.com.

Ia juga menjelaskan bahwa akan ada perayaan malam puncak kegiatan sekaligus penyambutan tahun baru 2019 di Lapangan pemda Sleman dengan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Sleman.

“ Peserta akan memulai perjalanan dari lapangan pemda yang direncanakan akan dibuka oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, kemudian peserta akan menuju lapangan margokaton seyegan di hari pertama, lapangan banjarharjo kalibawang Kulon Progo hari ke dua , lapangan margoagung seyegan hari ke tiga dan kembali ke kompleks stadion tridadi di hari ke empat dangan total jarak sekitar 53 KM” ucap Ode Julian, Ketua Sangga Kerja Kegiatan.

Ia menjelaskan saat di camp atau tempat berkemah, peserta akan melaksanakan giat diantaranya giat prestasi, giat materi, giat bakti, giat persaudaraan dan giat keagamaan.

Dalam kegiatan ini peserta akan memperebutkan Tunggul dan trophy juara umum yang diperebutkan secara bergilir. Tunggul merupakan penghargaan bagi Sekolah /gugusdepan yang memperoleh poin tertinggi selama perjalanan, mereka mampu menjaga kekompakan hingga finish di posisi depan dengan jumlah anggota utuh.

” Untuk trophy juara umum diberikan kepada kelompok/Sangga yang memenangkan banyak kejuaraan dalam giat prestasi,” jelasnya.

PSC 119 Gerak Cepat Penanganan Kegawatdaruratan Medis

Previous article

Ini Langkah Polres Gunung Kidul Amankan Jalur Wisata di Akhir Tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman