FeatureUniknya Jogja

Dhaup Ageng Pakualaman Dilaksanakan Awal Tahun 2019

0
Dhaup Ageng
Pakualaman menggelar Jumpa pers soal Dhaup Ageng (foto: Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Putra sulung KGPAA Paku Alam X yaitu BPH Kusumo Bimantoro akan menikahi dr. Maya Lakshita Noorya pada 5 Januari 2019 mendatang. KPH Indrokusumo Ketua Umum Dhaup Ageng mengatakan acara sudah disiapkan dan persiapan sudah matang hingga saat ini.

“Kalo acaranya sudah dimulai sejak Senin (24/12) lalu. Sampai nanti acara Dhaup Ageng pada Sabtu 5 Januari 2019,” katanya Rabu (26/12/2018).

KPH Indro mengatakan acara Dhaup Ageng ini tidak akan digelar kirab besar-besaran. Namun yang jelas semua adat budaya akan dilakukan seperti halnya leluhur.

Baca Juga : Pergantian Pasukan Bregada Pakualaman Setiap 35 hari

“Ini untuk nguri-uri budaya semua adat kita ikuti dari leluhur,” katanya.

Ketua 1 KRT Radyowisroyo mengatakan pada saat acara pengantin akan menggunakan batik bermotif Surya Mulyarja yang sudah dipersiapkan sejak 6 bulan lalu. Batik ini diambil dari naskah kuno yang ada di Pakualaman.

“Ya itu yang buat Gusti Ratu jadi yang mempelai pakai itu nanti,” katanya.

Sementara untuk tamu undangan akan dibagi dalam dua hari. Hari pertama untuk tamu VIP dan paa hari kedua untuk tamu dari warga Yogyakarta.

“Pak presiden pada hari pertama lalu hari kedua itu Pahargyan itu tokoh, budaywan, seniman dan tamu negara sahabat yang akan adatang terturama yang berkenaan dengan batik,” katanya.

Informasi calon pengantin perempuan yaitu dr. Maya Lakhsita Noorya lahir di Sleman pada 27 April 1991. Ia putri dari Ir. H. Mandiyo Priyo, M.T dan Dra. Hj. Rini Wijayanti, M.Pd. Jenjang pendidikan ditempuhnya mulai dari TK Masjid Syuhada Yogyakarta, SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta, SMP N 5 Yogyakarta, dan SMA N 5 Yogyakarta. Pendidikan tinggi ditempuh di Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Bupati Sleman Raih Penghargaan Anugerah Kencana

Previous article

Mau Beli Properti di Jogja, Warga Jabar Tanyakan Ijinnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature