Kab SlemanNews

Kirab 4 Bregada Tandai Hari Jadi Desa Condongcatur

0
Kirab 4 Bregada Tandai Hari Jadi Desa Condongcatur
Kirab 4 Bregada Tandai Hari Jadi Desa Condongcatur ( FOTO : Humas Sleman)

STARJOGJA.COM. JOGJA – Kirab 4 bregada tandai Hari Jadi Desa Condongcatur Depok Sleman. Acara Hari Jadi tersebut diawali dengan kirab bregada dari empat penjuru, yakni dari Gorongan, Manukan, Gejayan dan Kentungan.

Keempat wilayah tersebut dahulunya adalah kelurahan yang berdiri sendiri. Kemudian pada tanggal 26 tahun 1946 disatukan menjadi satu desa dengan nama Desa Condongcatur.

Ribuan warga memadati Balai Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman, dalam rangka memperingati  Hari Jadi Desa Condongcatur yang ke-72, Rabu (26/12). Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada acara tersebut.

Dalam pidatonya dia menyampaikan bahwa Desa Condongcatur adalah rumah bagi masyarakat yang sangat heterogen. Banyaknya jumlah mahasiswa dan warga pendatang lainnya diharapkan dapat mendorong pembangunan di Desa Condongcatur. Menurutnya hal tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan saling menjaga persatuan dan kerukunan warganya serta menjaga keamanan di wilayah tersebut.

“Dimulai dari Desa Condongcatur ini, semoga nanti dapat meningkatkan pembangunan di Kabupaten Sleman,” ucapnya.

Baca juga : Condong Catur Dicanangkan Sebagai Desa Bersih Narkoba

Reno Chandra Sangaji , Kepala Desa Condongcatur mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kekompakan warga Desa Condongcatur. Selain itu kegiatan tersebut juga agar masyarakat Desa Condongcatur tidak meningglakan budaya sendiri di tengah tantangan budaya luar.

“Kami juga berharap bagi para mahasiswa ataupun pengusaha yang kos di Desa Condongcatur ini dapat merasa nyaman seperti di rumah sendiri,” kata Reno.

Pada prosesi upacara Hari Jadi tersebut juga dilakukan penanaman tiga jenis pohon. Tiga pohon tersebut adalah pohon Sawo Kecik yang melambangkan menanam kebajikan, pohon Kepal yang melambangkan semangat persatuan dan pohon Kembang Kantil yang melambangkan harapan Desa Condongcatur selalu memiliki daya tarik.

Ratusan Relawan PMI DIY Bersiaga di Libur Akhir Tahun

Previous article

Pengunjung Taman Pintar Tembus 10 Ribu Orang Perhari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman