Kab BantulNews

Desa Ringinharjo Bantul Siaga Kebakaran

0
Kebakaran di Bantul
Desa Ringinharjo melatih kesiapsiagaan kebakaran dengan simulasi kebakaran ( FOTO :Kanzun)

STARJOGJA.COM, BANTUL – Masyarakat dan aparat desa Desa Ringinharjo melatih kesiapsiagaan kebakaran dengan simulasi kebakaran di lapangan Ringinharjo Bantul. Simulasi ini diadakan oleh FKPM ( Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat), Linmas, serta FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana).

” Kita melatih kesiapsiagaan Linmas, FKPM, FPRB yang dibimbing pemadam kebakaran,agar mereka dapat bertindak atau mengatasi situasi kebakaran hingga pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian,” tutur Sugeng, ketua panitia selaku sekertaris desa Ringinharjo. Minggu 30/12/2018

Cerita dalam simulasi kebakaran ini mengisahkan sebuah warung milik warga yang terbakar si jago merah, yang kemudian pemilik warung beserta keluarga menyelamatkan diri dari kobakaran api. Setelah itu, pemerintah desa, petugas Linmas, FKPM, FPRB membantu mengevakuasi korban dan memadamkan api hingga padam.

“Tujuannya itu untuk mengedukasi seluruh masyarakat Ringinharjo untuk bisa tanggap dan siaga terhadap kebakaran. Setiap tahun juga diadakan simulasi dalam memperingati hari kesiapsiagaan bencana,” tambahnya.

Baca juga : Waspada, 80% Wilayah Jogja Rawan Kebakaran

Sugeng juga mengatakan pada tahun 2018 ini, desa Ringinharjo mengadakan simulasi menghadapi banjir di dusun Gemahan. Tak hanya itu, pada tahun 2019 desa Ringinharjo akan mengadakan simulasi menghadadi gempa dan water rescue

“Ya semuanya itu dilakukan agar masyarakat Desa Ringinharjo lebih tahu tentang kebencanaan,” tuturnya.

Selain itu juga Sulistiya Atmaji, Lurah Ringinharjo mengaku sengaja melakukan simulasi pada saat hari jadi desa yang ke 72. Ia juga mengatakan hal ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat desa, agar mengetahui adanya lembaga desa yang siap bergerak dengan masyarakat ketika terjadi bencana dan juga untuk mengurangi keresahan yang timbul di masyarakat ketika terjadi bencana.

Desa Ringinharjo Bantul Peringati Hari Jadi ke-72

Previous article

Desa Ringinharjo Siap Antisipasi Kebakaran Rumah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul