Kota Jogja

Sampah Malam Tahun Baru, ini Langkah Pemkot Jogja

0
Forpi Kota Yogyakarta
Petugas kebersihan malioboro mengambil sampah di area Malioboro (foto : Kazun Dinan)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Malam pergantian tahun selalu membawa masalah soal sampah. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Suyana menyiapkan 350 petugas sampah untuk melakukan pembersihan sampah malam tahun baru di beberapa titik Kota Jogja.

“Ada penambahan truk dan alat angkut. Karena ada peningkatan khususnya sampah di malam tahun baru di titik terjadinya keramaian,” katanya kepada Strajogjafm Senin (31/1/2018).

Petugas sampah ini akan menyisir di beberapa titik terjadinya keramaian. Salah satunya ada di pusat wisata Jogja yaitu Malioboro, Alun-alun Utara dan Jalan Mangkubumi.

Baca Juga : Waspadai Gelombang Tinggi Saat Malam Tahun Baru

“Mulai jam lima pagi semua petugas masuk dan bekerja keras untuk membersihkan dibantu beberpa komunitas seperti city clean, garuk sampah, komunitas Alun-alun Utara, Alun-alun Selatan dan komunitas jalan Solo, Tugu Jalan Mangkubumi,” katanya.

Suyana mengatakan komunitas yang peduli dengan sampah ini sudah diberi trash bag untuk menampung sampah yang ada. Kantong sampah ini akan dibedakan sesuai jenis sampahnya yaitu plastik dan kertas.

“Komunitas ini kita kasih trash bag dan diikat nanti akan diambil dan akan memudahkan kami mengambil. Pada saat membawa trashbag tertentu ada plastik dan kertas,” katanya.

Ia mengatakan selamat datang kepada wisatawan yang datang ke Jogja. Namun, setiap wisatawan dapat memiliki tempat sampah sendiri di kendaraannya.

“Ikuti aturan dengan mengurangi sampah dan menyediakan tempat sampah di kendaraan dan menaruh sampah pada tempatnya. Pelaku usaha yang mengadakan perayaan untuk menyediakan tempat sampah juga,” katanya.

Bayu

Padi Reborn Akan Meriahkan Stargazing

Previous article

Malioboro Dipenuhi Wisatawan di Malam Tahun Baru

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja