FeatureNews

Ini Ancaman Bencana yang Dominan di Tahun 2018

0
susur sungai anak
BPBD DIY Minta Masyarakat Siap hadapi Potensi Bencana

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – BPBD DIY menyebut ada 12 ancaman bencana di tahun 2018. Ancaman bencana yang dominan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2018 adalah akibat cuaca ekstrem.

“BMKG menyebut puncak musim hujan cuaca ekstrim air yang banyak itu memicu gerakan tanah. Tahun 2018 ada 196 kejadian tanah longsor di 5 kabupaten kota. Banjir akibat genangan ada 11 kali,” kata Manajer Pusdalops BPBD DIY, Danang Syamsurizal di Starjogja 101,3 FM Rabu (02/01/2019).

Danang mengatakan tahun 2018 ada fenomena berbeda dengan tahun 2017. Tahun 2018 lalu ada fenomena alam letusan freatik Gunung Merapi.

Baca Juga : Ini 3 Bencana Alam Terbesar di Indonesia Pada 2018

“2018 itu letusan freatik sehinga ada pengungsian, itu yang tidak muncul di tahun sebelumnya. Kalo tahun sebelumnya yang selalu muncul adalah hujan dan menyebabkan longsor,” katanya.

Danang mengatakan warga Jogja harus paham dengan resiko ancaman bencana yang dihadapi. Sehingga meminimalkan korban akibat ancaman bencana tersebut.

“Istilahnya titen. Kejadian apa saja yang potensi kalo masyarakat yang tinggal di rawan longsor apakah itu ditutup rekahannya kalo di daerah genangan ya kita siapkan lagi terkait drainase, tersumbat ga cukup ga, pohonya perlu dipotong ga dll,” katanya.

Penumpang di Adisucipto Selama 2018 Capai 8,4 Juta

Previous article

Kim Jong-Un Siap Bertemu Trump Lagi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature