Wisata

Wisata Gunungkidul Sisi Utara Akan Dikembangkan

0
kematian Covid-19 Gunungkidul
Gunungkidul (foto: Bayu)

STARJOGJA.COM, Gunungkidul –  Saat libur natal dan tahun baru jumlah pengunjung di Gunungkidul lebih sedikit dari target yang ditetapkan. Wisata Gunungkidul tetap menjadi pilihan wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

“Tahun ini cukup memprihatinkan di awal tahun kemarin proyeksi lebih dari 344 ribu. Tapi kemarin hanya 218 ribu,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hari Sukmono Rabu (2/1/2019).

Hari mengatakan destinasi wisata Gunungkidul memang banyak dikenal terutama wisata alam di pantai. Namun karena peristwa bencana Tsunami Selat Sunda ini berdampak pada psikologis wisatawan.

Baca Juga : Malioboro Dipenuhi Wisatawan di Malam Tahun Baru

“Tidak jadi ke Gunungkidul para wisatawan ini. Ini mempengaruhi target,” katanya.

Kondisi ini membuat Pemkab Gunungkidul berpikir ulang agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Salah satu gerakan yang akan ditempuh adalah memaksimalkan potensi wisata Gunungkidul lainnya.

“Pariwisata harus dioptimalkan potensi alam kita luar biasa gunung goa dan budayanya ini jadi pemikiran kita membuatkan destinasi lain selain pantai,” katanya.

Menurutnya sudah menjadi kebijakan dalam rencana pembangunan desa, RPJMD pariwisata daerah bahwa tahun 2019 akan konsentrasi di zona tengah dan zona utara. Sebab, Gunungkidul memiliki banyak goa berjumlah 377 goa.

“Tidak semua bisa dikembangkan wisata tapi kita akan perkuat komunitas masyarakatanya untuk daya tarik goa. Zona utara ada flying fox terpanjang 625 meter punya daya tarik sendiri, gunung genthong, Ngalnggeran agar tidak semua ke pantai,” katanya.

Hari menjelaskan jika di daerah utara, ada destinasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Destinasi ini memiliki amphitheater terbuka dan terbesar saat ini.

“Kapasita 3 ribu orang. ini mengangkat zona utara bisa menikmati sensasi lain. Kita bangun difasilitasi DIY bisa dimanfaatkan untuk pertunjukkan. Semoga bisa mengangkat tingkat international,” katanya.

Namun dengan banyaknya destinasi wisata yang ada ini, prioritas utama adalah keselamatan dan keamanan. Pihaknya selalu koordinasi dengan jajaran terkait seperti SAR, Relawan dan Polres.

“Yang jelas Gunungkidul kita siap untuk menjamu wisatawan,” katanya.

Kencantikan Alami Akan Jadi Tren Makeup 2019

Previous article

Dhaup Ageng Pakualaman Siap Digelar Akhir Pekan Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Wisata