Kota JogjaNews

Lima Beksan Tampil Dalam Dhaup Ageng Pakualaman

0
Dhaup Ageng
Pakualaman menggelar Jumpa pers soal Dhaup Ageng (foto: Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Puro Pakualam besok akan melangsungkan perhelatan Dhaup Ageng.Acara ini kental akan Kebudayaan Adat Jawa. Dari pemilihan tema motif Batik, alat musik Gamelan hingga penampilan Beksan . Lima Beksan Tampil pada acara puncak Dhaup Ageng Pakualaman.

Roni Primanto Hari, Humas, Dokumentasi dan Komunikasi acara dalam jumpa persnya beberapa waktu lalu mengatakan Pada resepsi Dhaup Ageng nanti akan ditampilkan Lima Beksan yang terdiri dari Bedhaya Kembang Mas,Wilayakusumajana, Putri Melati, Golek Prabudenta dan Beksan Lawung Alit.

Berikut Infografis Seputar Beksan yang akan ditampilkan :

Infografis : Boby Visca

Untuk busana batik yang dipilih oleh Keluarga Besar Puro Paku Alam adalah motif batik bertema Surya Mulyarja. Batik bermotif Surya Mulyarja yang bersumber dari naskah Sestradisuhul tahun 1847 yang diciptakan pada masa Pakualam II. Surya Mulyarja berasal dari kata Surya yang berarti Matahari, Mulya berarti Luhur dan Arja yang berarti Selamat.

Batik Surya Mulyarja merupakan manifestasi dari karakter Batara Surya dalam Kitab Asthabrata yang cermat,dermawan,dan rajin berusaha untuk hidup yang sejahtera. Dan diharapkan kedua mempelai nantinya dapat meneladani karakter luhur Batara Surya

Overstay, Imigrasi Yogyakarta Lakukan Deportasi Pada WNA

Previous article

B.P.H. Kusumo Bimantoro Ijab Pernikahan di Mesjid Agung Pakualaman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja