FeatureNews

Komunitas IKKJ Bantu Korban Kecelakaan dan Kejahatan

0

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Komunitas IKKJ ( Info Kecelakaan dan Kriminalitas Jogjakarta ) merupakan komunitas untuk menginformasikan tentang kecelakaan dan kriminalitas. Tak hanya itu, IKKJ juga merupakan komunitas bersosial, dimana IKKJ sudah banyak membantu masyarakat yang membutuhkan seperti membiayai pengobatan, dan memberikan bantuan air bersih.

“Awalnya dari Feri Simon, pembuat group FB IKKJ mengalami kecelakaan, dan tidak ada yang menolong, sehingga dengan adanya IKKJ diharapkan masyarakat tidak mengalami hal yang sama,” kata Iwan Setiawan, Pengurus komunitas IKKJ pada StarJogja FM dalam acara Star Community Jum’at 4/01/2019.

IKKJ juga melakukan penggalangan dana guna memberikan bantuan kepada korban bencana seperti, gempa bumi di Lombok dan Tsunami di selat Sunda. Penggalangan dana ini dilakukan di perempatan lalu lintas dan juga dari penjualan atribut.

Baca Juga :Komunitas Jogja Garuk Sampah, Edukasi Peduli Sampah

“Penjualan atribut ini dilakukan saat orang masuk IKKJ, mereka membeli atribut seperti jaket, topi, kemeja, pin, kalender, dan payung. Nanti hasil penjualannya masuk ke uang kas IKKJ, yang kemudian kita gunakan untuk donasi. Jadi bagi yang mendaftar di IKKJ juga berdonasi,” ujarnya.

Komunitas yang didirikan tahun 2010 ini juga mendapatkan respon yang cukup baik dari instansi kepolisian. Dimana IKKJ sering membantu korban kecelakaan yang dipantau melalui Facebook resmi IKKJ.

“Ketika ada yang posting kecelakaan kita langsung bantu, kemudian member kami ada yang posting kekeringan, atau orang sakit, kita tindak lanjuti kemudian kita survey, dan kita bantu,” Imbuhnya.

Pada bulan Januari 2019 ini IKKJ juga akan berkegiatan Baksos ( Bakti Sosial ) di Gunungkidul, kecamatan Semano. Kegiatan baksos ini akan diperuntukan untuk 20 orang Jompo yang membutuhkan.

“Bentuk bantuannya sembako untuk jompo yang tidak ada keluarga, dan yang membutuhkan,” terangnya.

Iwan juga mengharapkan IKKJ dapat membantu masyarakat lebih banyak lagi, dan mengharapkan memiliki kendaraan ambulans sendiri guna menjadi transportasi bagi masyarakat yang mengalami kecelakaan.

Masih Enggan Berbuat Baik? Kebanyakan Alasan!

Previous article

Tim SAR Masih Cari Wisatawan Yang Tenggelam di Parangtritis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature