FeatureNews

Satlantas Sleman Siapkan Jalur Pengganti Simpang Kentungan

0
perempatan kentungan
Ilustrasi Underpass Kentungan, (Foto: JIBI)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Satlantas Polres Sleman mengadakan trayek percobaan pengalihan jalur pada tangal 12 Januari 2019 pukul 09.00 pagi, guna mengurai kepadatan di simpang empat Kentungan. Tidak ada penutupan jalan secara total di persimpangan Kentungan, namun jalur pengganti Simpang Kentungan ini diperuntukan pengguna kendaraan berat seperti bus dan truk.

“Truk dan bus kalau lewat kentungan tentu tidak muat, sebab ruas jalan di sisi utara maupun selatan mungkin sisa jalannya 2,5 meter – 3 meter, jadi hanya bisa dilewati kendaraan pribadi dan motor, namun akan sedikit terhambat jika melewati jalan ini,” jelas Gembong Widodo selaku Kanit, Dikyasa Satlantas Polres Sleman pada StarJogja FM Selasa (08/01/2019).

Jalur pengganti Simpang Kentungan truk dan bus dari arah Tempel yang akan menuju ke arah Solo dialihkan ke arah jalan Janti, atau dialihkan menuju Turi hingga Cangkringan, Kalasan, Prambanan sampai Proliman/Bogem. Namun bila bus dan truk dari arah Solo akan langsung dialihkan mengarah ke arah Janti, dan dapat juga melalui Proliman hingga ke Turi.

Baca Juga : 14 Januari Underpass Kentungan Mulai Dibangun

“Sudah ada rambu-rambu yang akan dipasang di simpul-simpul yang dibutuhkan untuk pengalihan arus, akan dilengkapi petunjuk, deadline pemasangan besok,” ujarnya.

Persimpangan empat Kentungan ini merupakan jalan arteri yang didesain mengurai kemacetan di wilayah kota. Namun ternyata perkembangan perekonomian di wilayah utara berkembang sangat pesat, sehingga kepadatan kendaraan semakin padat.

“Setiap simpangan tertentu, bila trafik lalulintasnya hingga 120 detik maka simpang tersebut sudah tidak layak, jadi solusinya ya underpass atau flayover,” tuturnya.

Gembong Widodo, menghimbau masyarakat untuk mentaati peraturan yang ada, dan pengguna kendaraan untuk berangkat lebih awal jika akan memulai aktivitasnya. Ia juga meminta maaf kepada pengguna jalan atas terganggunya aktivitas saat adanya pembangunan underpass Kentungan.

“Adanya proyek underpass, pilihlah jalan yang telah kami siapkan, dan menyikapi situasi jalanan dengan sabar,” imbuhnya.

Korban Laka Laut Parangtritis Ditemukan Meninggal Dunia

Previous article

Sekolah Siaga Bencana Media Edukasi Bencana Pelajar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature