FeatureKota Jogja

Jogja Smart Service, Inovasi Baru Pemkot Jogja

0
Jogja Smart Service
Jogja Smart Service menjadi suatu inovasi baru Pemkot Jogja (foto : Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Jogja Smart Service menjadi suatu inovasi baru yang diluncurkan pemerintah kota Yogyakarta. Jogja Smart Service merupakan bentuk layanan publik pada masyarakat yang cepat dan frendly dengan memanfaatkan smartphone.

“Prinsipnya itu bagaimana pemerintah bisa mewujudkan layanan publik bisa diakses secara mudah dan cepat, bisa memaksimalkan potensi teknologi informasi dan mengoptimalkan semua data yang ada di pemerintah Yogyakarta,” Ujar Tri Hastono selaku Pelaksnan tugas kepala (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian kota Yogkarta, Kamis, (10/01/2019).

Layanan-layanan yang ada di Jogja Smart Service berupa layanan kependudukan, layanan perizinan, layanan pengaduan hingga layanan kedaruratan. Pelayanan kedaruratan di aplikasi ini melayani selama 24 jam.

Baca Juga : Aksi Jogja Damai 9119 Perangi Aksi Klitih

“Terkait dengan layanan pelaporan seperti lampu mati, jalan rusak dan sebagainya, tentu tidak bisa hitunngan jam, karena perlu menyesuaikan situasi yang memungkinkan, perlu persiapan, perlu penanganan yang tepat,” jelasnya.

Menariknya aplikasi ini berbasis single window, single id dan single sign in yang mana masyarakat tidak perlu sering memasukan identitas tiap kali mengakses aplikasi. Penggunaan Layanan Jogja Smart Service diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan layananan masyarakat.

“ Adanya Jogja Smart Service itu masyarakat tidak perlu lagi datang ke instansi untuk layanan masyarakat, seperti pengaduan, layanan kependudukan,” tambahnya.

Tri juga mengatakan sisi keamanan dari Jogja Smart Service akan sangat terjaga, ia menyebutkan bahwa data-data yang digunakan merupakan data yang bersifat umum. Tak hanya itu, data yang ada dalam aplikasi ini terdapat juga data publik seperti data stastistik yang dapat diunduh oleh pengguna aplikasi.

Bayu

Kerja Keras Samsung Di Awal 2019

Previous article

Jalan Denggung-Wonorejo Dialihkan Mulai Februari 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature