FeatureWisata

Destinasi Wisata Yogyakarta, Desa Wisata Berkembang Cepat

0
storynomic tourism
Sejumlah pengunjung berfoto di objek wisata Akar Liar, Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, beberapa waktu lalu. (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Destinasi wisata di Yogyakarta tentunya selalu diminati oleh para wisatawan, tak terkecuali desa wisata yang kini juga mulai diminati para wisatawan di Yogyakarta. Pasalnya, desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai meningkat perkembangannya.

“Potensi desa wisata cukup besar, kalau kita bandingkan dengan provinsi lainnya DIY termasuk yang paling terdepan di Indonesia. Karena beberapa desa wisata sudah dapat penghargaan di tingkat Asia Tenggara dan Nasional,” ucap Aria selaku Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata DIY Kamis (10/01/2019).

Pencapaian desa wisata sebagai destinasi wisata maupun kunjungan yang menginap mengalami peningkatan signifikan. Bahkan liburan akhir tahun 2018 saja fasilitas penginapan di desa wisata sudah fullbooked.

Baca Juga : 24 Desa Ramaikan Festival Desa Wisata Sleman

“Tentu ada upaya bersama-sama untuk mendorong. Dari pemerintah kabupaten dan DIY terkait penginapan di desa wisata seperti memberikan fasilitas toilet berstandar internasional dan pemanas air di setiap desa wisata,” katanya.

Munculnya destinasi wisata ‘desa wisata’ juga memberikan respon positif dari warga maupun pengelola wisata. Menurutnya dengan adanya desa wisata di sejumlah tempat akan meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi

“Tentu saja ketika pengembangan pariwisata ada di desaa wisata potensi pergerakan ekonomi akan muncul. Dampaknya bisa langsung pada warga juga bisa terkait pada sovenir maupun kuliner di desa wisata atau di luar desa wisata,” tambahnya.

Aria juga menyampaikan amanat dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Hamengkubuwana X, agar pembangunan wisata juga harus mengangkat potensi-potensi lokal, dan harus berdampak kepada sumber daya manusia dalam hal pengembangan kepariwisataan.

Bayu

Jalan Denggung-Wonorejo Dialihkan Mulai Februari 2019

Previous article

PDPD, Solusi Program Layanan Kesehatan Warga Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature