FeatureKab Sleman

PMI Sleman Gratiskan Kantong Darah untuk Warga Sleman

0
PMI Sleman gratiskan kantong darah
Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo (Foto : Kanzun Dinan)

STARJOGJA.COM, Sleman – Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman akan menggratiskan stok darah per 1 Januari 2019 untuk warga Sleman. Kebijakan PMI Sleman gratiskan kantong darah ini telah disetujui pada tahun 2018.

“Baru saja kemarin  1 Januari 2019 kita launching 10.000 kantong di Sleman, semua kita gratiskan asal ada stok di PMI Sleman,” ujar GBPH Prabukusumo, ketua PMI DIY yang ditemui pada saat acara Musyawarah Kerja PMI DIY Tahun 2018/2019  Sabtu (12/01/2019).

PMI Sleman gratiskan kantong darah bagi semua golongan darah dan untuk semua penyakit yang membutuhkan transfusi darah. Hal ini guna memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat Sleman.

Baca Juga : Tahun 2019 ini Dia yang Akan Dikerjakan PMI DIY

“Penyakit Thalassemia dan Leukemia dan gagal ginjal kronis memerlukan lebih dari satu kantong darah dalam satu minggunya, dan BPJS hanya membiayai satu pack kantong darah saja,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Sleman telah menganggarkan dana APBD untuk mendukung usulan program kantong darah gratis. Seluruh pemerintah Kabupaten baik Eksekutif dan legislatif pun telah menyetujui kebijakan ini.

“APBD nya sudah dianggarkan 3,6 milyar,” tambahnya

GBPH Prabukusumo, ketua PMI DIY mengatakan program kantong darah gratis ini juga akan diterapkan di Kabupaten lainnya. Ia juga mengatakan bahwa peraturan Bupati telah dibuat dan dikirim kepada PMI Kota dan PMI kabupaten lainnya.

“Sudah didiskusikan. Sudah dibicarakan kepada Bupati masing-masing disesuaikan dengan APBD masing-masing daerah, kalau sanggup apa salahnya untuk mengadakan program ini,” tambahnya

Bayu

Festival Durian JCM Manjakan Penikmat Durian

Previous article

Perkenalkan Raja Krakatau Indonesia Prof Tukirin

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature