NewsNusantara

Jateng Anggarkan Rp205 Miliar Untuk Guru Agama

0
klaster Pondok pesantren
Gus Taj Yasin Maimun atau Gus Yasin

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kabar baik bagi guru agama di wilayah Jawa Tengah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan anggaran sebesar Rp205 miliar untuk meningkatkan kesejahteraan guru agama pada lembaga pendidikan formal maupun nonformal.

“SDM Jateng perlu ditingkatkan, salah satu upayanya adalah meningkatkan kesejahteraan para pengajar keagamaan di madrasah diniyah, TPQ, maupun pondok pesantren,” kata Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen dikutip dari Antara pada Rabu (16/1/2019).

Menurut Wagub yang akrab disapa Gus Yasin itu, pendidikan agama memiliki sumbangsih besar terhadap negara, mulai sebelum Indonesia merdeka hingga sekarang dan dengan peningkatan penghasilan para pengajar keagamaan, menandakan pemerintah memperhatikan pendidikan maupun para guru agama di berbagai lembaga pendidikan.

Baca juga : Guru Punya Peran Penting Pertahankan Kota Pendidikan

Dia ingin seluruh guru agama mendapat perhatian dari berbagai pihak, termasuk soal kesejahteraan dan pendapatannya sehingga mampu mengajarkan dengan baik dan tepat tentang Islam yang rahmatan lilalamin.

“Apalagi sampai sekarang bermunculan pemikiran radikal atau paham yang mengarah pada terorisme dan perpecahan persatuan,” ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan itu.

Wagub berharap, dengan adanya insentif untuk guru madrasah diniyah, TPQ, atau guru-guru pendidik agama lain, maka kualitas pendidikan di Jateng kian meningkat sehingga para peserta didik tidak hanya memahami Islam secara agama, melainkan juga mempraktekkan apa yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain pemberian insentif pengajar keagamaan, Pemprov Jateng juga memberikan kesempatan bagi anak-anak penghafal Alquran untuk mendapatkan bantuan di bidang pendidikan.

Dalam upaya peningkatan pelayanan pendidikan di bidang keagamaan, mulai 2019 Pemprov Jateng akan memberikan bantuan insentif pengajar bagi guru, serta ustad, dan ustadzah madin dan pondok pesantren sebanyak 171.131 orang dengan total anggarannya Rp205 miliar.

Langkah-langkah yang sudah dilakukan Pemprov Jateng antara lain, validasi data penerima di semua kabupaten yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari Biro Kesra, Kanwil Kementerian Agama, dan Tim Santri Gayeng.

De Stilte Lakukan Pertunjukan di Yogyakarta

Previous article

Cristian Gonzales Absen Latihan Dengan PSS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News