Flash InfoLifestyle

Ini Wadah Pecinta Astronomi di Jogja

0
FOTO : Logo Jogja Astro Club

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pecinta Astronomi atau penyuka benda-benda di langit, bisa bergabung dalam 3 club astronomi yang ada di Jogja. Jogja Astronomi Club, Penjelajah Langit, dan Taman Pintar Astronomi Club merupakan komunitas seputar dunia astronomi yang ada di Jogja.

“Jogja Astro Club itu Club Astronomi yang ada di Jogja, berawal dari pembimbing kami yang memiliki hobi di bidang Astronomi kemudian berkumpul dengan yang sehobi dan kemudian membentuk club di 1 Juli 2005,” Ujar Sarah Fauzia salah satu anggota JAC kepada Star Jogja FM.

JAC memiliki anggota lebih dari 50 member dari kalangan pelajar, umum dan mahasiswa. Memiliki kegiatan rutin yaitu SNG (Saturday Night Gathering ) yang diadakan setiap sebulan sekali atau dua minggu sekali.

“ Kegiatannya ini ada moderator, pembicara dan sesi tanya jawab,”jelasnya.

Kemudian Club Penjelajah Langit yang merupakan club penyuka atau yang memiliki hobi melihat benda-benda di langit yang berbasis di media sosial. Gifari Yusuf selaku salahsatu anggota dari Penjelajah Langit mengatakan siapapun dapat bergabung dalam club yang didirikan pada 20 Juli 2013.

“Kalau kegiatan rutin kami ada kelas astronomi yang diadakan offline yaitu di basecamp kami, juga ada pematerinya. Juga ada kegiatan setiap bulan yaitu mengamati peristiwa apapun yang terjadi dan akan dibahas setiap bulannya,” tambahnya.

Selanjutnya ada Taman Pintar Astronomi Club yang merupakan komunitas yang lebih mengakomodir dan memfasilitasi pelajar SD, SMP, SMA yang mempunyai minat dalam hal astronomi. Anggota dari Taman Pintar Astronomi Club ini ialah dari Taman Pintar yang ingin mengenalkan astronomi.

“Berdirinya komunitas ini ketika kita punya komitmen bersama tentang astronomi pada saat membangun Planettarium Taman Pintar. Jadi dari situlah munculnya komunitas ini,”Ujar Rahman yang merupakan anggota dari Taman Pintar Astronomi Club.

Ketiga komunitas ini pernah berkolaborasi bersama dalam acara Jogja Nyawang Rembulan yaitu sebuah event yang digagas oleh NASA dalam rangka INOMN ( International Observe the Moon Night) yang diadakan selama satu tahun sekali. Acara INOMN ini merupakan acara yang berkaitan dengan bulan.

Sundulan Ronaldo Antar Juve Juarai Piala Super

Previous article

Pemerintah Gelar Perekaman E-KTP Serentak di Seluruh Lapas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info