Flash Info

Euforia Sesaat, Berujung Rasa Malu Penemuan Situs

0
Penemuan situs
Salah satu pemandangan di Situs Ratu Boko Sleman (foto ; Satria A)

STARJOGJA.COM, Sains — Penemuan situs purbakala, selalu menimbulkan perasaan terkesima dari khususnya para arkeologis. Tidak terkecuali penemuan struktur serupa Stonehenge di sebuah peternakan di Skotlandia pada tahun lalu.

Jajaran lingkaran bebatuan pada umumnya, dibangun pada sekitar 3,500 dan 4.500 tahun yang lalu di sisi timur laut Skotlandia, dewan kota Aberdeenshire menyatakan pada laman resminya soal penemuan situs itu.

Dikutip dari CNN Neil Ackerman, asisten dewan kota bidang sejarah menyatakan “Situs baru ini memberikan pengetahuan baru kepada kita terkait struktur unik dan arkeologi prehistoris di area tersebut. Bagaimana mungkin struktur seperti ini tidak teridentifikasi selama ini. Luar biasa. Kondisi sempurna. Ini sangat jarang terjadi.”

Baca Juga : Ayo Mengenal Situs Payak

Namun ternyata euphoria para arkeolog harus pupus dan berbalik menjadi rasa malu pada awal Januari, ketika pemilik peternakan mendatangi dewan kota untuk memberikan pernyataan bahwa struktur batuan tersebut bukanlah seperti yang digembar-gemborkan sebelumnya. Karena sebetulnya, dirinyalah yang menyusun struktur tersebut pada sekitar tahun 1990-an.

Setelah mendapatkan pengakuan tersebut, dewan kota kemudian meresponnya dengen mengeluarkan pernyataan bahwa penelitian terhadap situs dihentikan.

Ternyata dalam dunia keilmuan pun, masih saja ada celah yang memungkinkan terjadinya kesalahan akibat dari euphoria sesaat ya?

Bayu

Kemendagri Berkomitmen Bantu Pemulihan Daerah Terkena Bencana

Previous article

Bersanding dengan Bencana, Siapkah Kita?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info