FeatureKota Jogja

Cara DLH Kota Yogyakarta Merawat Pohon

0
DLH) kota Yogyakarta

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Yogyakarta lakukan perawatan ruang terbuka hijau seperti taman-taman, ruang publik, hingga melakukan perawatan pohon secara rutin. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya pohon tumbang saat masuki musim penghujan.

“Kalau sudah memasuki musim hujan pohon-pohon kita list mana yang membahayakan, kita juga ada masukan dari masyarakat,” kata Indiah Widiningsih selaku Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau, Dinas Lingkungan Hidup kota Yogyakarta  Jum’at, (25/01/2019).

Indiah mengatakan perawatan pohon yang dilakukan oleh DLH ialah melakukan pemangkasan pada pohon dan pemantauan tehadap pohon. Seperti saat melakukan perawatan di Jl Suroto, dimana DLH Kota Yogyakarta melakukan pemangkasan pada pohon yang dinilainya terlalu tinggi dan membahayakan pengendara ataupun masyarakat.

Baca Juga : Pohon Raksasa Afrika Terancam Punah

“Pohon yang kita pangkas dan membahayakan tentu kita ganti dengan yang baru, biasanya pemangkasan pohon yang tingginya lebih dari 9m akan kita jadikan 9m,kalau dijalanan itu kita pangkas jadi 7m agar tidak mengganggu,”imbuhnya.

DLH kota Yogyakarta dalam melakukan penugasan perawatan pohon hanya berwenang di Jalan besar. Namun Dinas Lingkungan Hidup juga akan memberikan fasilitas kepada masyarakat permukiman seperti berkomunikasi dengan PLN apabila pohon tersebut mengenai kabel listrik milik PLN.

“ Kalau di Permukiman di kota Yogyakarta itu ada Kampung Tangguh Bencana. Disana alatnya lengkap sehingga dapat mengantisipasi pohon tumbang,” tuturnya.

Dinas Lingkungan Hidup berharap agar pohon-pohon yang telah dirawat dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat, dan berharap agar pohon-pohon di jalanan tidak tumbang selama musim hujan.

Kenapa Berikan ASI Eksklusif Pada Bayi ?

Previous article

Awas, Tinggi Perairan Selatan DIY Bisa Capai 4 Meter !

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature