Kota JogjaNews

Stunting Bisa Dicegah di 1.000 Hari Pertama Kehidupan

0
bidan stunting

STARJOGJA.COM, JOGJA – Stunting bisa dicegah di 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak. Stunting tak hanya dilihat sebagai terhambatnya tumbuh kembang anak secara fisik. Mereka yang mengalami kekurangan gizi pada seribu hari pertama kehidupan hingga usia 2 tahun juga akan terhambat perkembangan kognitif atau kemampuan intelektualnya.

Anugrah Windiasari, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Bantul menjelaskan dari penelitian pencegahan stunting memang efektifnya di 1.000 HPK karena di 1.000 HPK itu sinapsnya lebih bagus. Saraf juga lebih bagus sehingga perkembangan otaknya lebih optimal

” Dalam jangka panjang, stunting berdampak pada penurunan kualitas remaja, kesehatan reproduksi, kecerdasan serta produktivitas kerja,” jelasnya.

Baca juga : Cara Dinas Kesehatan Bantul Mencegah Stunting

Jika lebih dari dua tahun, yang bisa dilakukan adalah memberi stimulasi, imunisasi dan pencegahan infeksi. Cara mencegah infeksi dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat dan pemberian imunisasi dasar.

“Sejak lahir bisa diwaspadai potensi stunting, pertama ketika panjang badan bayi baru lahir tidak sampai atau kurang dari 48cm, kemudian perbandingan tinggi badan yang tidak sesuai dengan umur anak, itu akan terlihat patokannya,” tambahnya.

Jangan Mudah Tergiur Umroh Murah

Previous article

Aktivitas Menyenangkan di Sekitar Candi Borobudur

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja