Kota Jogja

JCACC Siap Gelar Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

0
Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – JCACC ( Jogja Chinese Art and Culture Center ) ajak masyarakat umum lebih mengenal budaya Tionghoa dengan menggelar event tahunan yaitu Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta ( PBTY ) yang ke 14. Event yang diadakan tanggal 13 Februari 2019 hingga 19 Februari 2019 ini bekerjasama dengan Pemerintah kota Yogyakarta dan Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Awalnya dari kepedulian masyarakat Tionghoa Yogyakarta terhadap budaya dan ingin memperkenalkan budaya ke masyarakat. Dan ini sudah jadi salah satu ikon Yogyakarta di luar,” ujar Novita salah satu panitia PBTY 2019  Jum’at (1/2/2019).

JCACC merupakan gabungan 14 paguyuban Tionghoa Yogyakarta yang mengarah pada seni budaya Tionghoa di Yogyakarta bersatu  membuat event ini agar masyarakat umum lebih mengenal budaya Tionghoa. Untuk itu, tema event ini ialah Harmony in Diversity  berarti mengingatkan bahwa Indonesia memiliki banyak budaya dan suku, sehingga akan menambah keharmonisan diantara masyarakat Indonnesia.

Baca Juga : ” Imlek Light Festival ” Semarakkan PBTY 2018

“Bedanya dengan event tahun lalu, tahun ini kita lebih banyak mengangkat ke budayanya, kita ajak masyarakat untuk terjun langsung karena akan ada lomba dan banyak workshop,” tuturnya.

Lomba yang diadakan dalam event kali ini ialah Lomba Karaoke Mandarin Open Cup, Lomba Bahasa Mandarin yang akan ada 6 cabang lomba, lomba Melukis Wajah Wayang Potehi, lomba mewarnai dan Desain Batik Peranakan Khas Yogyakarta. Berbagai workshop dan pameran seperti Potehi Imlek Vaganza, pameran Batik Peranakan dan Wacinwa dan   ada pemilihan Koko Cici Jogja 2019. Tak lupa juga acara yang tak kalah seru yaitu Jogja Dragon Festival dan Malioboro Imlek Carnival.

“Lomba-lombanya akan ada hadiah menarik, akan ada piala Gubernur DIY dan uang pembinaan untuk lomba mendongeng salah satu cabang lomba bahasa mandarin,” tambahnnya.

Novita menyebutkan bahwa semua kegiatan PBTY akan diadakan di Kampung Ketandan, dan akan ada festival kuliner. Menariknya di festival kuliner kali ini ialah akan ada area khusus makanan berbahan dasar daging babi, sehingga masyarakat umum tidak perlu risau dengan makanan yang ada di festival kuliner PBTY.

“Kami harap masyarakat dapat menikmati event ini, untuk lebih jelasnya bisa membuka IG: @pekanbudayationghoayogyakarta ,”imbuhnya.

Bayu

Kasus Demam Berdarah Dengue Sleman 30 Kasus

Previous article

Wajah Jokowi Muncul di Pameran Lukisan Diponegoro

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja