Flash Info

Utusan Dewa Laut Muncul Di Jepang

0
Oarfish Japan

STARJOGJA.COM, Yogyakarta, Kekhawatiran akan datangnya bencana di Jepang, timbul, setelah dua ekor ikan Oar dari perairan dalam, menampakkan diri. Kemunculan mereka dipercaya sebaga tanda akan datangnya gempa dan tsunami.

Pada hari Jumat yang lalu, dua ekor Oar tertangkap jaring nelayan di bagian utara perfektur Toyama. Total selama musim ini telah ada 7 ekor yang telah ditemukan.

Menurut kepercayaan setempat, ikan Oar merupakan “Ryugu no tsukai” atau “Utusan Dewa Laut”. Mereka akan muncul untuk memberikan peringatan akan adanya gempa, meskipun hal tersebut masih menjadi perdebatan di  kalangan ilmuwan.

Penanggung jawab Uozu Aquarium, Kazusa Saiba mengatakan kepada CNN, “Tidak ada bukti ilmiah yang mendasari pernyataan tersebut. Namun kami juga tidak berani memberikan jaminan.”

Saiba menambahkan, “Bisa saja Oar muncul karena pemanasan global, meskipun manusia tidak merasakan proses tersebut.”

Saiba menyampaikan penjelasan yang lebih ilmiah terkait hal tersebut.

“Gempa bisa disebabkan oleh adanya pergerakan lempeng Bumi di dasar laut. Hal ini kemudian menyebabkan arus yang mendorong penghuni laut dalam ke permukaan.”

Pendapat lain disampaikan oleh Osamu Inamura, Direktur Uozu Aquarium. Ia menyatakan bahwa ikan Oar secara naluri mengikuti pergerakan sumber makanan mereka.

“Ketika sumber makanan naik ke permukaan, Oar kadang mengikuti dan terjebak jaring nelayan.”

Dewi Gunarto

Doraemon Blooming Prosperity Semarakkan Plaza Ambarukmo

Previous article

Mahasiswa UGM Kembangkan Lampu Darurat Hemat Energi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info