FeatureJogjaKUNews

Wajah Jokowi Muncul di Pameran Lukisan Diponegoro

0
Wajah Jokowi
Wajah Jokowi dalam Pameran Sastra Rupa Gambar Babad Diponegoro Jumat (1/2/2019) malam di Jogja Gallery (foto : Jogja Gallery).

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Wajah Jokowi muncul dalam Pameran Sastra Rupa Gambar Babad Diponegoro yang dibuka pada Jumat (1/2/2019) malam di Jogja Gallery. Karya itu bagian dari 51 karya lukisan yang menggambarkan 50 pupuh adegan dari naskah Babad Diponegoro.

Lukisan ini karya pelukis ternama Indonesia F. Sigit Santoso yang menggambarkan masa lalu sekaligus masa kini yang dikemas dengan sangat kontekstual. Lukisan ini diberi judul Abdulrohim Jokowibowo, Namaku.

Lukisan ini mengadaptasi salah satu kisah Babad Diponegoro yang langsung ditulis sendiri oleh sang pemimpin perang jawa itu. Usia 20 tahun, Pangeran Diponegoro berkelana ke pesantren-pesantren dan di hutan-hutan untuk bertapa dengan menggunakan pakaian yang lusuh sehingga tak ada yang tahu.

Baca Juga : Kisah Misteri Saat Melukis Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro suka dengan kebiasaan keluar masuk kampung. Blusukan dan menyamar dengan nama Abdulrohim. Lukisan ini bagipelukisnya apapun yang Anda rasakan, nikmati, kritisi atas karya ini semua tergantung pada interpretasi.

Karya seni menyimpan fleksibilitas yang amat kuat. Untung saja interpretasi tak pernah bisa diadili. Itulah mengapa lukisan, karya seni menjadi media yang penuh aroma, fakta dan fiksi.

Suasana pembukaan pameran lukisan babad Diponegoro (foto : Jogja Gallery)

Benar salah adalah urusan nurani. Saksikan langsung. Jadilah saksi atas peristiwa bersejarah ini di Jogja Gallery, 1-24 Februari 2019.

Arif Mujiono

JCACC Siap Gelar Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Previous article

Nimati Pasta dan Kalkun di Koki Joni

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature